Kemendag Gandeng E-Commerce untuk Bantu UMKM Go Global

Kompas.com - 27/05/2022, 11:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan memanfaatkan e-commerce untuk mendorong pelaku UMKM memasuki pasar global.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi menuturkan, selama pandemi, UKM merupakan salah satu sektor yang terdampak.

"Namun sisi positifnya, terdapat akselerasi pemanfaatan teknologi digital serta meningkatnya keterlibatan UKM dalam pasar digital," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Google Berikan Pinjaman ke UMKM Senilai 2 Juta Dollar AS

Didi berharap, kerja sama Kemendag dengan para mitra e-commerce dapat terus mendorong para pelaku UKM untuk memasuki pasar global.

Platform digital membuka peluang ekspor bagi para pelaku usaha Indonesia, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin go global, khususnya selama masa pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir ini.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan e-commerce, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) menggelar lokakarya kepada para pelaku usaha ekspor di Serpong, Tangerang Selatan.

Lokakarya itu merupakan bagian dari program ekosistem ekspor yang digagas Ditjen PEN dengan para mitra, yaitu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ID SEED, Goorita, dan Accelerice.

Pada lokakarya tersebut, hadir sebagai narasumber yaitu CEO PT Solusi Ekosistem Global selaku operator IDNStore dan Indomatjar, Hadi Lee dan COO PT Semeru Indonesia Maju operator Goorita.com, Ardian Prawira Yudha.

Hadir pula Atase Perdagangan di Tiongkok, Marina; ITPC Shanghai, Indra Prahasta; Konsul Dagang di Hongkong, Ayu Wulan Sagita; Kepala Bidang Perdagangan di KDEI Taiwan, Sulistyono, Atase Perdagangan Riyadh, Erwansyah, serta ITPC Jeddah Rivai Abbas.

Peserta lokakarya yang hadir sebanyak 40 anggota Jakpreuner binaan Pemprov DKI yang mewakili produk olahan, fesyen, dan aksesori.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.