Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Sukses Membangun Bisnis

Kompas.com - 30/05/2022, 09:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesuksesan dalam berbisnis tentu menjadi impian setiap pengusaha. Untuk menuju kesuksesan, setiap pengusaha tak hanya perlu modal materi dan teknik manajemen melainkan mental bisnis yang kuat.

Mengapa mental bisnis yang kuat? Mental bisnis yang kuat penting untuk dimiliki sebagai bekal menghadapi segala macam tantangan yang muncul dalam berbisnis.

Di masa pandemi, pengusaha yang memiliki keberanian, pantang menyerah, strategi yang baik, pola pikir (mindset) dan mental pengusaha yang kuatlah yang akan bertahan.

President of ASPIRASI (Asosiasi Penulis dan Inspirator Indonesia), William Wiguna mengatakan,  pandemi Covid-19 pelaku usaha dituntut untuk berpikir pintar dan kreatif.

Jika tak memiliki usaha yang kreatif, maka pengusaha akan tertinggal dengan yang lain. Maka dari itu, pelaku usaha harus bisa untuk tak pernah puas dan tak pernah berhenti untuk berinovasi.

Ada dua modal penting untuk menjadi pengusaha yang pintar dalam mengembangkan bisnis. Yang pertama adalah kesiapan mindset (pola pikir) serta pengetahuan tentang strategi membangun bisnis yang benar.

William menjelaskan mindset merupakan ukuran kekuatan seorang pengusaha dalam memegang kendali bisnis yang dijalankan.

Pengusaha memiliki kewajiban untuk mengembangkan mindset agar bisnis bisa bertahan dan bertumbuh,” kata William seperti dikutip dari SahabatUMKM.id.

William menyebutkan, sangat penting untuk mengubah mindset saaat membangun usaha. Memulai usaha di tengah pandemi Covid-19 tentu sulit dan perlu beberapa langkah yang dilakukan.

“Setelah berdiri, masih banyak pula hal yang harus dikerjakan agar usaha bisa terus berkembang serta mencapai target sesuai kemampuan Anda,” lanjut William.

Dengan kemampuan yang dimiliki, pengusaha harus menentukan strategi bisnis yang tepat. Karena strategi yang matang akan memudahkan pelaku usaha dalam menentukan arah bisnis dan menjalankan usaha yang diinginkan.

Di sisi lain, ketatnya persaingan di dunia bisnis juga menuntut pelaku usaha untuk siap bertarung dan menghadapi risiko yang sewaktu-waktu bisa muncul.

William juga menganggap jika faktor hoki ataupun keberuntungan cukup berpengaruh bagi keberhasilan bisnis.

Yang perlu dipahami oleh banyak orang adalah, di balik sebuah keberuntungan terdapat usaha keras orang-orang yang memperjuangkan bisnisnya. Mereka berusaha dan kemudian menemukan keberuntungan mereka dengan cara masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com