Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajaki Pasar Turki, BNI Boyong Mitra Binaan UMKM

Kompas.com - 06/06/2022, 14:21 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memfasilitasi UMKM Indonesia tembus pasar global khususnya di Turki melalui Festival Pasar Senggol Turki.

Dalam agenda tersebut, BNI memboyong 50 jenis produk mitra UMKM binaan. Pasar Senggol merupakan sebuah festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki.

Corporate Secretary BNI Mucharom menyampaikan Turki adalah negara mitra dagang Indonesia yang nilai perdagangannya meningkat secara linear setiap tahunnya.

Baca juga: Kisah Mantan TKW yang Sukses Ekspor Kerajinan ke 17 Negara

Mengutip data Kementerian Perdagangan Republik Indonesiaa, total perdagangan 2021 Indonesia-Turki tercatat 2,01 miliar dollar AS dengan Indonesia sebagai net eksportir surplus 1,2 miliar dollar AS. Pertumbuhan ekonomi Turki pada 2021 masih mampu berada di 11 persen.

"Kami pun menyambut baik gelaran festival yang diinisiasi oleh kelompok mahasiswa dan diaspora Indonesia di Turki ini. Kementerian BUMN bersama BNI berharap tak sekadar mengoptimalkan potensi pasar tetapi ikut berkontribusi meningkatkan kerja sama ekonomi yang telah terjalin sangat baik sejauh ini," katanya.

Mucharom menyampaikan sebagai bank yang mendapat mandat untuk go global, BNI Mengirimkan setidaknya 50 jenis produk UMKM terbaik mitra binaan BNI.

Menurutnya, produk tersebut dapat menarik perhatian pelaku bisnis sekaligus konsumen Indonesia dan Turki sehingga dapat dibuatkan kerja sama lebih lanjut.

"Dengan bantuan dari KJRI, kami juga mendapat program link and match sehingga dapat lebih fokus dalam mempersiapkan barang-barang yang masuk ke pasar Turki," katanya.

Brand Binaan BNI 

Adapun, brand UMKM binaan yang dibawa antara lain untuk kategori UMKM Xpora yaitu Bali Wirama dengan kategori Home and Garden Decor yang selama ini 100 persen produknya diekspor ke Eropa.

Baca juga: Perkuat Rantai Pasok UMKM, Kemenparekraf Kolaborasi Bersama Jaringan Pengelola Hotel

Lainnya adalah Faber Instrumen Indonesia yang merupakan produsen alat musik dan homedecor dari kayu.

Selain itu BNI untuk mengobati kecintaan para Diaspora di Turki, Rumah BUMN BNI turut berpartisipasi membawa produk kuliner dari Rumah BUMN Sleman yaitu Telaga Rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com