Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku UMKM Wajib Tahu! Ini 3 Manfaat Ulasan dan Rating Positif untuk Bisnis

Kompas.com - 24/06/2022, 10:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepuasan pembeli saat membeli produk merupakan salah satu target penting yang perlu diperhatikan pelaku usaha. Dengan begitu, calon pembeli maupun pembeli bisa terus membeli produk yang ditawarkan. 

Kepuasan pembeli salah satunya bisa dilihat dari komentar berupa ulasan. Jika produk ditawarkan secara online lewat media sosial maupun marketplace, ulasan dan rating dari pelanggan menjadi hal yang sangat penting.

Ulasan dan rating nantinya akan berpengaruh kepada perkembangan bisnis ke depannya. Pembeli baru pun umumnya memperhatikan ulasan dari pembeli sebelumnya.

Lalu apa saja manfaat ulasan dan rating dari pembeli untuk pelaku usaha? Berikut tiga manfaatnya seperti dirangkum dari Dana.

1. Bahan evaluasi

Ulasan maupun rating yang diberikan oleh pembeli bisa menjadi bahan evaluasi. Berdasarkan ulasan maupun rating, strategi bisnis ke depan pun bisa dilakukan dengan tepat. 

Jika mendapatkan ulasan positif dan rating tinggi, pertahankanlah performa yang telah dilakukan. Jika mendapatkan ulasan negatif dan rating rendah, segera lakukan evaluasi.

2. Membangun kepercayaan customer

Ulasan positif dan rating tinggi terkait produk atau layanan yang diberikan akan membangun kepercayaan dari pembeli. Selain itu, ulasan positif dan rating tinggi akan memengaruhi calon pembeli untuk melakukan transaksi.

3. Sarana promosi gratis

Kepercayaan dan kepuasan pembeli akan memberikan keuntungan bagi bisnis yang dijalankan. Ulasan positif dan rating tinggi akan menarik pembeli lain.

Rekomendasi akan datang dari pembeli yang merasa puas. Produk-produk dan layanan nantinya akan direkomendasikan kepada pihak lain.

Jagalah kepercayaan pembeli dan berikan layanan terbaik agar hubungan baik dengan pembeli bisa terjaga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com