5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pengusaha Pemula

Kompas.com - 25/06/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian orang cenderung ingin memiliki usaha sebagai sumber penghasilan. Pilihan usaha pun banyak yang bisa dirintis seperti kuliner, mainan, dan lainnya.

Dengan perkembangan teknologi, jenis usaha pun bisa semakin bervariasi. Dengan begitu, usaha pun bisa terbantu.

Nah, untuk memulai bisnis tentu harus punya strategi tersendiri. Entah usaha yang dirintis sendiri maupun berkelompok.

Dalam menjalankan usaha pun tak lepas dari hambatan dan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan pun bisa dijadikan evaluasi untuk mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik.

Lalu apa saja kesalahan paling umum yang biasa dilakukan beberapa pengusaha pemula dalam memulai bisnisnya? Berikut kesalahan-kesalahan pengusaha baru dalam menjalankan bisnis seperti dirangkum dari Dana.

1. Kurang Komitmen

Di awal memulai usaha tentu tak mudah. Rintangan-rintangan pun pasti akan selalu muncul.

Kesalahan pertama yang biasa dilakukan oleh pengusaha pemula adalah kurangnya komitmen. Komitmen sendiri sangat penting dalam menjalankan usaha.

Dengan komitmen yang kuat, pengusaha pun akan punya energi yang besar. Ya, energi tersebut akan digunakan untuk mengatasi hambatan yang terjadi di fase awal setiap usaha.

2. Banyak Ide No Action

Dalam menjalankan usaha, ide sangat dibutuhkan untuk pengembangan bisnis. Namun, ide tersebut akan sia-sia saat tak dijalankan alias no action.

Membahas ide memang penting untuk dilakukan sebelum dieksekusi. Namun, menjalankan ide yang telah dibahas jauh lebih penting untuk dilakukan. 

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.