Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Perekonomian, Pemkab Manggarai Barat Berdayakan UMKM di Daerah Wisata

Kompas.com - 28/06/2022, 08:15 WIB
Nansianus Taris,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemkab Manggarai Barat memberikan dukungan ke pelaku UMKM di daerah pariwisata di wilayah tersebut agar bisa membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat.

Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng mengatakan, salah satu yang dilakukan pihaknya adalah membina seluruh usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Labuan Bajo untuk menyambut daerah ini sebagai kawasan pariwisata super-premium.

"Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat punya prinsip harus memberi dampak meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Wabup Yuianus saat peresmian Sanggar Kope Oles Todo Kongkol, di Rumah Gendang (Rumah Adat) Kampung Kaper, Labuan Bajo, Sabtu (25/6/2022).

Baca juga: Kisah Nivi Dayanti, Berhenti Kerja dari Resepsionis Kafe karena Pandemi, Kini jadi Pengusaha Sate Taichan 4 Cabang

Ia mengatakan, kelompok seni yang ada juga wajib dipertahankan serta dikembangkan. Derah pariwisata boleh maju, akan tetapi harus seiring dengan meningkatkan ekonomi masyakat itu sendiri.

"Kelompok seni itu harus tetap berkembang, Pariwisata boleh maju hendaknya seiring.Tetapi budaya yang sudah berakar di masyarakat itu harus dipertahankan. Kita jadi tuan rumah yang baik kepada setiap tamu yang datang. Supaya memberi kesan yang baik kepada wisatawan," tegasnya

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Mitar mendukung penuh atas kehadiran Sanggar Kope Oles Todo Kongkol di Rumah Adat Kaper, Desa Golo Bilas tersebut.

Menurut dia, peresmian tersebut sudah menjemput kehadiran Kota Pariwisata Super Premium Labuan Bajo oleh masyarakat Kaper.

Baca juga: Jadi Transmigran Muda, Nimas Sukses Rintis Bisnis untuk Angkat Ekonomi Warga

"Alasan Labuan Bajo ditetapkan sebagai kota pariwisata super-premium ternyata orang Kaper menjemput itu. Mengapa saya mengatakan demikian? Bahwa ada begitu banyak orang buat (daerah wisata) super-premium. Ternyata hari ini memberi arti, Sanggar Kope Oles Todo Kongkol yang diresmikan hari ini telah menjemput kehadiran mancanegara yang luar biasa," ujar Martinus.

Menurut dia, masyarakat Kampung Kaper, Desa Golo Bilas ke depanya akan bangkit. Itu artinya bahwa sebentar lagi Kaper akan bangkit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com