Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan yang Sejahtera jadi Salah Satu Kunci Keberhasilan Bisnis UMKM

Kompas.com - 11/07/2022, 10:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku UMKM perlu mulai memikirkan kesejahteraan karyawan agar usaha bisa berkembang dan berkelanjutan.

Founder & Group CEO PT Venteny Fortuna International Jun Waide menuturkan, selama ini banyak pelaku UMKM yang kurang memberikan perhatian mengenai kesejahteraan karyawan dan lebih fokus pada memperbesar bisnis yang dijalankan.

"Banyak yang menganggap bahwa biaya untuk mewujudkan hapiness employee adalah liabilitas. Padahal karyawan adalah aset yang bisa membuat perusahaan menjadi lebih besar lagi. Namun selama ini banyak UMKM yang kurang menyadari hal ini," kata Jun saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: BI Datangkan Perancang Busana Nasional untuk Bantu Perajin Tenun NTT

Jun menuturkan, ada sejumlah strategi yang bisa ditempuh oleh UMKM agar mereka bisa menjalankan bisnis secara sutainable. Salah satunya dengan menciptakan kebahagiaan bagi karyawan yang bekerja.

"Mewujudkan hapiness employee adalah satu hal yang penting untuk dilakukan para pekerja di UMKM. Ada banyak aspek yang bisa memunculkan hapiness employee," ujarnya.

Sementara itu CHief Operating Officer Venteny Fortuna Indonesia, Damar Raditya menjelaskan hapiness employee bisa diraih dengan menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan karyawan. Mulai dari fasilitas pinjaman, asuransi kesehatan, hingga hal lainnya yang menunjang mobilitas karyawan.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Tanpa Dukungan Keluarga

"Memang diakui bahwa UMKM ini skalanya belum besar seperti korporasi. Namun ada banyak cara untuk memunculkan hapiness employee tersebut agar tidak membebani perusahaan. Caranya dengan menggandeng pihak lain selaku penyedia jasa untuk memenuhi kebutuhan karyawan," kata dia.

 

  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com