Karyawan yang Sejahtera jadi Salah Satu Kunci Keberhasilan Bisnis UMKM

Kompas.com - 11/07/2022, 10:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku UMKM perlu mulai memikirkan kesejahteraan karyawan agar usaha bisa berkembang dan berkelanjutan.

Founder & Group CEO PT Venteny Fortuna International Jun Waide menuturkan, selama ini banyak pelaku UMKM yang kurang memberikan perhatian mengenai kesejahteraan karyawan dan lebih fokus pada memperbesar bisnis yang dijalankan.

"Banyak yang menganggap bahwa biaya untuk mewujudkan hapiness employee adalah liabilitas. Padahal karyawan adalah aset yang bisa membuat perusahaan menjadi lebih besar lagi. Namun selama ini banyak UMKM yang kurang menyadari hal ini," kata Jun saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: BI Datangkan Perancang Busana Nasional untuk Bantu Perajin Tenun NTT

Jun menuturkan, ada sejumlah strategi yang bisa ditempuh oleh UMKM agar mereka bisa menjalankan bisnis secara sutainable. Salah satunya dengan menciptakan kebahagiaan bagi karyawan yang bekerja.

"Mewujudkan hapiness employee adalah satu hal yang penting untuk dilakukan para pekerja di UMKM. Ada banyak aspek yang bisa memunculkan hapiness employee," ujarnya.

Sementara itu CHief Operating Officer Venteny Fortuna Indonesia, Damar Raditya menjelaskan hapiness employee bisa diraih dengan menyediakan berbagai hal yang dibutuhkan karyawan. Mulai dari fasilitas pinjaman, asuransi kesehatan, hingga hal lainnya yang menunjang mobilitas karyawan.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Tanpa Dukungan Keluarga

"Memang diakui bahwa UMKM ini skalanya belum besar seperti korporasi. Namun ada banyak cara untuk memunculkan hapiness employee tersebut agar tidak membebani perusahaan. Caranya dengan menggandeng pihak lain selaku penyedia jasa untuk memenuhi kebutuhan karyawan," kata dia.

 

  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.