Tips Cepat dan Gampang Dapat Modal untuk UMKM, Simak Bronis UMKM!

Kompas.com - 13/07/2022, 16:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengembangkan usahanya, tantangan yang sering dihadapi oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah keterbatasan modal akibat minimnya akses pembiayaan dari lembaga keuangan.

Padahal, UMKM sendiri sering disebut-sebut sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor UMKM menyumbang sekitar 60 persen dari pendapatan domestik bruto (PDB). Akan tetapi, jika dilihat dari data perbankan, kredit UMKM hanya berjumlah sekitar Rp 1.000 triliun atau 20 persen dari total kredit perbankan.

Data Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menunjukkan, mayoritas pelaku UMKM dalam negeri masih belum mendapat akses kepada kredit.

Data AFPI menunjukan, dari total sekitar 60 juta UMKM, 46,6 juta atau 77,6 persen di antaranya tidak dapat menjangkau akses kredit perbankan maupun fintech.

Presiden Jokowi sendiri sudah meminta sektor keuangan mempermudah akses permodalan bagi UMKM. Dengan begitu, tak ada lagi UMKM yang kesulitan mendapatkan modal usaha.

Lalu apa saja yang perlu disiapkan pelaku UMKM untuk mendapatkan akses permodalan untuk mengembangkan usaha? Siapa saja pihak-pihak yang bisa memberikan bantuan permodalan?

Kompas.com melalui rubrik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menghadirkan program Bronis UMKM . Program Bronis kali ini mengangkat topik "Cepat dan Gampang Dapat Modal, Pelaku UMKM Wajib Tahu".

Acara Bronis UMKM ini akan digelar dalam bentuk talkshow secara live di media sosial Kompas.com yaitu Instagram, Youtube, dan Facebook. Acara ini akan diselenggarakan pada Kamis, 14 Juni 2022 pada pukul 16.00 WIB.

Dalam acara Bronis UMKM kali ini, Manager SME and Partnership Program Pertamina, Rudi Ariffianto akan berbagi seputar tips mendapatkan permodalan untuk mengembangkan UMKM. Acara live akan berlangsung selama satu jam.

Kamu bisa bertanya kepada narasumber secara langsung lewat kolom komentar. Jangan ketinggalan Bronis UMKM, ya! Follow Instagram, subscribe dan nyalakan notifikasi Youtube!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.