Saat Dosen IPB University Pulang Kampung Berikan Pendampingan UMKM

Kompas.com - 22/07/2022, 07:00 WIB

PURWOREJO, KOMPAS.com - Umumnya pulang kampung kerap diasosiasikan dengan temu kangen bersama keluarga. Namun, berbeda dengan dosen-dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat, IPB University pada tahun 2022 mempunyai progam baru bernama Dosen Pulang Kampung (Dospulkam).

Melalui program ini, para dosen diharapkan pulang kampung sekaligus melakukan pengabdian, pendampingan untuk memberikan pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan meningkatkan produktivitas UMKM di daerah asalnya.

Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat itu dilakukan dengan pendampingan dan peningkatan mutu produk UMKM Milenial yang terpantau dilingkungan SMKN 4 Purworejo Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan Dospulkam ini diketuai oleh Prof. Sri Purwaningsih Dosen Tekhnologi hasil perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University.

Prof. Purwaningsih mengatakan, saat ini, SMKN 4 Purworejo sedang mengembangkan produk olahan UMKM untuk generasi millenial. Pihaknya memberikan pendampingan untuk meningkatkan mutu dan produktivitas para siswa-siswi sekolah untuk menghasilkan produk

Prof. Purwaningsih mengatakan, progam Dospulkam ini diinisisi oleh Rektor IPB, Prof. Arif Satria. Sri menyebutkan, rektor mengimbau kepada seluruh dosen acara dapat mengamalkan ilmunya khususnya di kampung halaman dosen tersebut.

"Kita ingin mendidik agar para siswa ini dapat menjadi pengusaha, minimal para siswa dapat mempunyai UMKM setelah lulus," kata dosen asal Kampung Besole Kecamatan Bayan ini.

Dalam kegiatan itu, tim Dospulkam IPB University memberikan pemaparan materi mengenai bagaimana mengelola dan mengembangkan UMKM. Tak hanya itu, melainkan para siswa juga diberikan pengetahuan terkait standar mutu suatu produk.

"Hasil produksinya nanti akan kita analisakan ( standar mutu) ke IPB dan kita harapkan UMKM SMKN 4 Purworejo dapat PIRT," kata Purwaningsih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.