Tingkatkan Kapasitas Start Up, KemenKopUKM Gelar Bootcamp Inkubasi Usaha di 7 Kota

Kompas.com - 05/08/2022, 20:00 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menggelar program inkubasi bertajuk Bootcamp Inkubasi Usaha di tujuh kota.

Bootcamp Inkubasi Usaha digelar untuk meningkatkan kapasitas para startup di tujuh kota agar tercipta startup yang inovatif, berkelanjutan, dan menyerap tenaga kerja dari para kalangan wirausaha muda.

"Terkait hal ini, KemenKopUKM telah menyusun program Fasilitasi dan Pembinaan Startup. Startup sangat membutuhkan inkubasi untuk meningkatkan survival rate mereka," kata Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Christina Agustin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com,  Jumat (5/8/2022).

Program tersebut dimaksudkan untuk mendukung peningkatan layanan inkubasi untuk tenant startup.

"Dari program ini diharapkan tercipta startup yang inovatif, berkelanjutan, dan menyerap tenaga kerja dari para wirausaha muda," kata Christina.

Sebagai bagian dari rangkaian implementasi program fasilitasi skala nasional ini, KemenKopUKM melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Startup di tujuh wilayah pada tahun 2022.

Ketujuh kota tersebut yaitu Yogyakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Padang, Bandung, dan Semarang, dengan target output 100 startup baru.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Startup perdana diselenggarakan di wilayah Provinsi DIY. Dalam hal ini KemenKopUKM bekerja sama dengan lembaga inkubator bisnis dan teknologi IBISMA Universitas Islam Indonesia (IBISMA UII) untuk memberikan peningkatan kapasitas melalui program 'Bootcamp Inkubasi Usaha' kepada para startup.

Bootcamp Inkubasi Usaha IBISMA UII ini diselenggarakan secara intensif selama 3 hari (fullday) dari Kamis, 4 Agustus 2022 hingga Sabtu, 6 Agustus 2022 di Hotel Crystal Lotus, Yogyakarta.

IBISMA UII juga merupakan salah satu startup ecosystem builder di Yogyakarta yang telah bersinergi dengan Dinas Koperasi UKM DIY dalam beberapa tahun terakhir melalui berbagai program inkubasi INBIS UMKM Naik Kelas dan juga FoodBiz Innovation.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.