Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lazada Dorong UMKM di Jawa Timur Masuk Ekosistem Ekonomi Digital

Kompas.com - 10/08/2022, 10:50 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Lazada Indonesia (Lazada) menyelenggarakan program "Naik KeLaz" yang berupa pelatihan untuk pelaku UMKM di Jawa Timur sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekosistem ekonomi di provinsi ini, Selasa (9/8/2022).

Lazada menjalankan pelatihan tersebut melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia. Gerakan ini merupakan program pemberdayaan bagi UMKM, pelanggan e-commerce, serta pekerja logistik dan mitra kurir (frontliner) yang ada di ekosistem Lazada.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah mengatakan bahwa Provinsi Jawa Timur menyimpan potensi perekonomian digital yang sangat besar.

Baca juga: 5 Bisnis yang Bisa Dicoba Generasi Milenial

 

"Meski demikian, kami memahami bahwa sebagian besar UMKM di Jawa Timur masih membutuhkan bimbingan untuk bisa menjadikan platform digital sebagai pendukung pertumbuhan bisnis mereka. Oleh karena itu, kami menyambut baik program dan inisiatif dari Lazada untuk membantu UMKM berdigitalisasi melalui Gerakan AKAR Digital untuk Jawa Timur ini,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (10/8/2022).

Sementara itu SVP Seller Operations Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro menuturkan bahwa Lazada menjadikan Jawa Timur sebagai tujuan strategis program pemberdayaan ekosistem.

"Data kami di tahun 2021 menunjukkan jumlah penjual aktif dari Jawa Timur tumbuh hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan bila dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah penjual di Lazada secara nasional, jumlah penjual dari Jawa Timur di Lazada bertumbuh 1,5 kali lebih cepat," kata dia.

Baca juga: Perajin Batik di Kabupaten Malang Masih Berusaha Bangkit

Pertumbuhan jumlah penjual di Jawa Timur sendiri lebih cepat daripada pertumbuhan jumlah pesanan dari pelanggan di Jawa Timur, sehingga terlihat tingginya minat UMKM di Jawa Timur untuk berjualan secara digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com