Intip Cara Memanfaatkan BLT UMKM untuk Usahamu

Kompas.com - 06/09/2022, 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun 2022, pemerintah secara resmi menambah anggaran bantuan sosial sebesar Rp 18,6 triliun. Besaran nominal tersebut salah satunya akan dialokasikan untuk dimanfaatkan para pelaku usaha UMKM dalam program Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau BPUM 2022.

Dana bantuan sebesar Rp600.000 ini akan disalurkan kepada hampir 12 juta pelaku usaha, hal ini merupakan stimulus tambahan modal untuk usaha skala mikro mengingat kenaikan harga BBM subsidi di awal bulan September 2022 ini.

Para pelaku usaha mikro bisa mendaftarkan usahanya sebagai penerima BLT UMKM secara online, lantas bagaimana cara memanfaatkan dana tersebut agar bisa mendorong usaha Anda? Simak tips berikut yang telah dirangkum dari beberapa referensi:

Baca juga: 4 Kesalahan Umum yang Dilakukan Sebelum Mengajukan Pinjol untuk Modal Usaha

1. Tetapkan prioritas

Anda perlu memetakan prioritas pada bisnis Anda, dana yang Anda miliki sekarang akan disalurkan untuk prioritas tersebut. Misalnya, untuk mengembangkan bisnis dengan memperluas pemasaran atau untuk meningkatkan produksi.

Dengan memetakan prioritas ini, Anda akan mengetahui dana bantuan tersebut akan fokus didahulukan untuk disalurkan di pos pengeluaran mana yang telah Anda tentukan.

2. Buat catatan keuangan

Meskipun usaha yang Anda miliki berskala mikro, pencatatan keuangan yang baik merupakan hal krusial yang sangat perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memberikan Anda gambaran yang jelas mengenai arus kas usaha Anda.

Nantinya, Anda bisa mengevaluasi dana BLT yang digunakan apakah sudah sesuai penggunaannya. Pencatatan keuangan juga perlu sebagai upaya mencegah arus kas Anda berantakan.

3. Kembangkan Usaha dengan Tidak Terburu-buru

Hindari memiliki terlalu banyak biaya tetap yang jadi pengeluaran Anda untuk mengembangkan usaha, seperti membeli peralatan baru atau menambah karyawan.

Pergunakan dana yang dimiliki untuk mengembangkan usaha Anda pada sektor yang diperlukan terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda bisa menyisihkan dana sembari melihat peluang pertumbuhan usaha dan memilah mana yang perlu dikembangkan.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.