Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciptakan Lapangan Kerja, 22 Pemuda NTT Ikut Pelatihan dan Sertifikasi Barista

Kompas.com - 09/09/2022, 07:00 WIB
Nansianus Taris,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sebanyak 22 pemuda dari Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat, mengikuti Pelatihan Barista dan Sertifikasi Kompetensi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur sejak Selasa (6/9/2022) hingga Jumat (9/9/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kafe Bacerita di kompleks Marina Labuan Bajo.

Boni Romas, Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Arabika Robusta Manggarai, menjelaskan, pelatihan itu dilakukan agar pemuda yang sudah mengikuti pelatihan dasar barista bisa mendapatkan sertifikat kompetensi.

"Kegiatan kali ini kita lakukan supaya anak-anak bisa mendapatkan pekerjaan dengan sertifikat yang ada," jelas Boni kepada Kompas.com di Kafe Bacerita Kawasan Marina Labuan Bajo pada Kamis (8/9/2022).

Boni mengatakan, tujuan utama pelatihan menjadi barista itu adalah menciptakan lapangan pekerjaan. Setelah mengikuti bimbingan teknis dan lulus ujian kompetensi barista, mereka bisa membuka kedai kopi sendiri di Labuan Bajo, Ruteng, dan Borong.

"Kalau sudah ikut bimbingan teknis dan mempunyai sertifikat kompetensi Barista tentu mereka menyuguhkan kopi asli Manggarai kepada wisatawan dengan cita rasa khas nan nikmat," ungkap Boni.

Boni mengungkapkan, kegiatan pelatihan barista itu dilakukan di Labuan Bajo karena Labuan Bajo adalah hilir dari ekosistem kopi Manggarai. Sementara Manggarai Timur adalah hulunya dan Manggarai prosesnya hingga kemasan.

"Pelatihan teknis ini dibantu oleh trainer Barista dari lembaga sertifikasi profesi (LSP) Jakarta. Dengan bantuan trainer Barista, mereka betul-betul siap mengikuti ujian sertifikasi kompetensi Barista tanggal 10 September ini," lanjut Boni.

Boni menambahkan, pelatihan teknis barista itu diinisiasi dan dibiayai oleh Dekranasda Provinsi NTT.

Selain pelatihan teknis itu, lanjut Boni, Dekranasda Provinsi NTT juga akan memberikan kurasi 15 kedai kopi yang berada di sepanjang jalan Trans Flores Labuan Bajo Borong.

"Kami akan beri alat bantu seduh manual ke 15 kedai kopi sehingga (kedai kopi) layak jadi tempat singgah bagi turis-turis yang lewat," ujar Boni.

Barista Trainer, Jonathan Yulistio, mengatakan, bimbingan teknis itu dilakukan agar para peserta yakni calon barista betul-betul siap mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan pada 10 September 2022.

"Kegiatan ini merupakan persiapan khusus dengan bimbingan teknis untuk meminimalisir peserta yang ikut tidak lulus ujian kompetensi. Di sini, yang berpengalaman bisa mentor yang masih kurang," jelas Jonathan.

Dalam bimbingan teknis itu, peserta dibimbing bagaimana meracik kopi agar nikmat dan enak saat diminum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com