Mahasiswa Fakultas Vokasi UB Didorong Menjadi Wirausahawan

Kompas.com - 12/09/2022, 08:36 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 1.275 mahasiswa baru dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) diajak untuk memperkuat soft skill.

Diharapkan, para mahasiswa tersebut menjadi lulusan yang tidak hanya mencari pekerjaan saja, namun dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi wirausahawan baru.

Eks Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI, Wikan Sakarinto mengatakan pandemi Covid-19 memperlihatkan banyak perusahaan yang terpaksa melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kepada pegawainya.

Baca juga: Kunci Sukses Bisnis Kuliner: Jangan Foto Bagus tapi Produk Tak Berkualitas

Berkaca dengan kondisi tersebut, saat ini pendidikan vokasi tidak hanya berfokus pada hard skill atau keahlian khusus saja. Namun, juga menyeimbangkan dan meningkatkan soft skill guna menciptakan SDM (Sumberdaya Manusia) yang unggul.

"Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu terus digerakkan. Jauh lebih fleksibel, lebih adaptif. Banyak keseimbangannya, tidak hanya hard skill tapi juga soft skill, termasuk karakter dan attitude," katanya pekan lalu.

Soft skill yang dimaksud yakni kemampuan kepada keterampilan sosial, komunikasi, kecerdasan sosial, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan.

Keahlian ini menunjukkan bagaimana seseorang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Hal ini tentunya sangat dibutuhkan sebagai wirausahawan seperti melakukan public speaking, presentasi, kemampuan komunikasi verbal melalui lisan dan tulisan misal untuk promosi produk usaha di media sosial.

Kemudian, kemampuan problem solving atau memecahkan masalah dengan baik melalui kreativitas, research, manajemen risiko, kerja sama tim dan berpikir kritis.

Kemampuan kepemimpinan atau leadership seperti dalam mengambil keputusan, manajemen konflik, manajemen proyek dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.