Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Dorong Pengembangan UMKM Daerah Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 17/09/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai sumber pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah. Pengembangan UMKM penting agar meningkatkan kesejahteraan dan membantu pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Dewan Komisioner (ADK) OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK), Friderica Widyasari Dewi pada penutupan acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Nasional Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat, Jumat (9/16/2022).

“OJK terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan melakukan berbagai program pengembangan UMKM seperti memberikan akses pembiayaan, pelatihan, dan pendampingan bagi para pelaku UMKM seperti yang dilakukan di acara Gernas BBI ini,” tutur Friderica dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Melalui program Gernas BBI, pelaku UMKM di Sumatera Barat yang sudah mengikuti pelatihan dan pendampingan dapat menjadi mitra pemerintah provinsi dan kota untuk giat dalam program afirmasi belanja produk lokal.

Sebagai upaya menciptakan ekonomi baru, OJK berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat dan pelaku UMKM agar paham dalam memanfaatkan produk dan jasa keuangan.

Seperti diketahui, Gernas BBI di Sumbar selama April hingga Juni 2022 disebut telah mencetak berbagai pencapaian.

Di antaranya yaitu melakukan pendampingan dan pelatihan, mendorong 660 UMKM mengakses e-commerce dan merealisasikan transaksi UMKM sebesar Rp15,72 miliar.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya terhadap komitmen dan dukungan OJK dalam penyelenggaraan Gernas BBI. Kami juga mengharapkan kolaborasi dan sinergi dari OJK dan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan akses pembiayaan ke pelaku UMKM dan program peningkatan literasi keuangan di Sumatera Barat,” kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah. 

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.