PLN Bantu Berdayakan Perekonomian Melalui Ekowisata Sungai Mudal di Yogyakarta

Kompas.com - 17/09/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT PLN (Persero) memberdayakan Ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemberdayaan tersebut dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. PLN.

Sebagai mitra dengan PLN selama enam tahun, Ekowisata Sungai Mudal terus berkembang dan diminati pengunjung. Hingga saat ini, destinasi wisata tersebut sudah membuka lapangan kerja untuk 60 tenaga kerja lokal.

“Binaan dari PLN ini membantu mewujudkan program pemerintah yaitu mengentaskan kemiskinan, menyerap tenaga kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” terang Rudi Hastaryo selaku Pengelola Ekowisata Sungai Mudal.

Bantuan yang PLN berikan sejak 2016 lalu terhadap kawasan wisata Sungai Mudal ini berupa fasilitas pendukung seperti camping ground, tempat duduk, gazebo, pendopo, mushola, toilet, dan kolam pemandian.

Dengan bantuan tersebut, kawasan Sungai Mudal hingga Agustus 2022 mengalami peningkatan pengunjung sebanyak 52 persen dibandingkan tahun 2021.

Terkait keberlanjutan program TJSL di kawasan Sungai Mudal sebagai ekowisata, Komisaris PLN, Eko Sulistyo melalui kunjungannya pada (9/13/2022) berpesan agar ekowisata Sungai Mudal terus dijaga dan dikelola dengan baik.

“Ekowisata ini milik warga setempat usahakan itu dipertahankan, supaya ekowisata ini tetap berbasis komunitas, sehingga nilai tambah yang diberikan oleh alam sekitar ini dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” terang Eko.

Berkaca pada data peningkatan pengunjung tersebut, Eko juga optimistis Ekowisata Sungai Mudal akan semakin diminati pengunjung terlebih lagi di era pasca pandemi kini.

“Ketika masyarakat sudah bosan di rumah, biasanya yang akan dicari adalah wisata alam yang tidak hanya menyejukkan tetapi juga terjangkau,” tutur Eko.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.