Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Bantu Berdayakan Perekonomian Melalui Ekowisata Sungai Mudal di Yogyakarta

Kompas.com - 17/09/2022, 09:00 WIB
Putri Sophia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT PLN (Persero) memberdayakan Ekowisata Sungai Mudal di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemberdayaan tersebut dilakukan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT. PLN.

Sebagai mitra dengan PLN selama enam tahun, Ekowisata Sungai Mudal terus berkembang dan diminati pengunjung. Hingga saat ini, destinasi wisata tersebut sudah membuka lapangan kerja untuk 60 tenaga kerja lokal.

“Binaan dari PLN ini membantu mewujudkan program pemerintah yaitu mengentaskan kemiskinan, menyerap tenaga kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” terang Rudi Hastaryo selaku Pengelola Ekowisata Sungai Mudal.

Bantuan yang PLN berikan sejak 2016 lalu terhadap kawasan wisata Sungai Mudal ini berupa fasilitas pendukung seperti camping ground, tempat duduk, gazebo, pendopo, mushola, toilet, dan kolam pemandian.

Dengan bantuan tersebut, kawasan Sungai Mudal hingga Agustus 2022 mengalami peningkatan pengunjung sebanyak 52 persen dibandingkan tahun 2021.

Terkait keberlanjutan program TJSL di kawasan Sungai Mudal sebagai ekowisata, Komisaris PLN, Eko Sulistyo melalui kunjungannya pada (9/13/2022) berpesan agar ekowisata Sungai Mudal terus dijaga dan dikelola dengan baik.

“Ekowisata ini milik warga setempat usahakan itu dipertahankan, supaya ekowisata ini tetap berbasis komunitas, sehingga nilai tambah yang diberikan oleh alam sekitar ini dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” terang Eko.

Berkaca pada data peningkatan pengunjung tersebut, Eko juga optimistis Ekowisata Sungai Mudal akan semakin diminati pengunjung terlebih lagi di era pasca pandemi kini.

“Ketika masyarakat sudah bosan di rumah, biasanya yang akan dicari adalah wisata alam yang tidak hanya menyejukkan tetapi juga terjangkau,” tutur Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com