Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Anak Muda, Modal Kecil Tetap Cuan!

Kompas.com - 21/09/2022, 19:37 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis makanan sedang jadi tren di kalangan anak muda. Usaha rumahan, modal kecil, tapi tetap cuan dan kekinian bisa jadi mimpi mereka, termasuk Kamu.

Melansir data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Juni 2022, terdapat 11.223 usaha kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia pada 2020 yang angkanya diprediksi akan terus meningkat sampai dengan 2025.

Banyak yang menganggap bisnis makanan tidak akan pernah mati. Kenyataannya memang begitu karena makanan adalah kebutuhan setiap orang dan trennya tidak pernah habis. Akan selalu ada perubahan dan inovasi di dalamnya.

Baca juga: 5 Tips Memulai Bisnis Jasa Fotografi: Tanpa Modal pun Bisa!

Namun, kira-kira bisnis makanan apa saja sih yang bisa memenuhi kriteria tadi dan cocok dirintis oleh anak muda?

Berikut beberapa ide bisnis yang bisa Kamu coba:

1. Salad Buah

Kunci utama bisnis salad buah adalah tingkat kesegaran buah yang diolah. Dengan begitu, pelanggan akan memiliki rasa percaya terhadap salad buah yang Kamu jual. Resep salad buah sendiri sangat mudah dan bisa dilihat lewat tayangan atau artikel di internet. Kamu juga bisa meracik resep Kamu sendiri sebelum menjualnya.

Carilah sumber buah yang terpercaya dengan harga sesuai modal. Tidak perlu membuat sald buah yang mewah, yang penting rasanya enak untuk lidah umum. Sembari memasarkan lewat media sosial, Kamu bisa mulai menjual atau memberikan sample ke kerabat dan teman untuk testimoni awal.

2. Silky Pudding

Pembuatan silky pudding atau puding sutra biasanya hanya menggunakan Rp 100 ribu sebagai modal awal. Dengan budget sebesar itu, Kamu sudah bisa membuat variasi rasa silky pudding yang beragam.

Tugas selanjutnya adalah untuk mengemas pudding dalam wadah yang lucu dan menarik sehingga menarik konsumen untuk membeli. Proses pembuatannya juga mudah untuk dilakukan di rumah karena tidak membutuhkan terlalu banyak peralatan.

Jika sudah jumlah konsumen yang lebih besar, Kamu bisa gunakan hasil penjualan untuk membeli kulkas khusus untuk stock silky pudding yang akan dijual.

Baca juga: Tips Agar Sukses Memulai Usaha Toko Kelontong

3. Bento Cake

Kalau Kamu hobi membuat kue, pastinya sudah punya peralatan dasarnya di rumah. Untuk usaha bento cake, bahan dan alatnya tidak begitu rumit. Gunakan peralatan baking yang ada dan carilah langganan toko bahan kue untuk mencari harga terbaik. Hal ini dikarenakan, pada dasarnya bento cake hanyalah cake sederhana yang dikreasikan tampilan pelapisnya.

4. Dessert Box

Dessert box adalah jenis makanan penutup yang sedang menjadi tren. Dasarnya, makanan penutup ini hanyalah gabungan dari jenis-jenis kue dan krim yang bisa Kamu kombinasikan menjadi satu resep.

Mulai dari cake, pastry, brownies, dan jenis kue lain bisa Kamu manfaatkan menjadi komponen dessert box. Gunakan wadah kotak plastik atau kaca dan susu menjadi lapisan-lapisan yang menarik. Kamu dapat melakukan proses produksi di rumah memanfaatkan media sosial serta e-commerce untuk memasarkan produk dessert box ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com