Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakaferse Dompet Dhuafa Perkenalkan Manfaat Wakaf Produktif

Kompas.com - 28/10/2022, 14:00 WIB
Putri Sophia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerakan Wakaferse: Semesta Berwakaf dari Dompet Dhuafa memperkenalkan manfaat wakaf produktif dalam acara Gathering Influencer Dompet Dhuafa x Hanamasa, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis, (27/10/2022).

Wakaferse membeberkan manfaat dari wakaf berupa uang yang nantinya akan disalurkan untuk aset wakaf yang produktif di berbagai bidang. Seperti yang disampaikan Manager Pendayagunaan Aset Wakaf Dompet Dhuafa, M Syafie El-Bantanie.

“Berapapun nominalnya, wakaf uang itu akan diakumulasikan dan dikonversi menjadi aset wakaf di bidang pendidikan, kesehatan, atau ekonomi,” tuturnya, dalam kesempatan wawancara dengan Kompas.com, Kamis, (27/10/2022).

Baca juga: Dompet Dhuafa Memperluas Literasi Wakaf Melalui Wakaferse

Dimulai dari Rp 100.000, wakaf uang akan disalurkan menjadi aset-aset wakaf produktif yang akan dikelola untuk fasilitas seperti masjid, sekolah, rumah sakit dan lain-lain.

Melalui gerakan Wakaferse Dompet Dhuafa, wakaf produktif tidak hanya sebatas memberi saja. Lebih dari itu, akan bermanfaat juga baik untuk donatur dan penerima wakaf tersebut.

“Wakaf itu dikelola menjadi produktif karena wakaf sifatnya penahan pokoknya. Jadi asetnya itu tidak akan hilang, manfaatnya ada dua yaitu untuk si donaturnya pahalanya terus mengalir, kemudian juga bagi penerima manfaat,” jelas Direktur Resources Mobilization Dompet Dhuafa, Etika Setiawati.

Stigma di masyarakat mengenai wakaf hanya terbatas untuk  makam, madrasah, dan masjid saja membuat Wakaferse mendorong masyarakat untuk berkenalan dengan wakaf yang produktif.

Etika dalam kesempatan wawancara yang sama pun membeberkan contoh konkret dan manfaat dari wakaf uang yang akan dikelola menjadi wakaf produktif.

“Kita menghimpun dana wakaf dan dikelola menjadi Rumah Sakit (RS), RS ini bisa bermanfaat bagi masyarakat penerima manfaat karena produktif bisa berbayar. Untuk dhuafa kita berikan gratis, maka donaturnya akan menerima terus amalan setiap kali RS ini memberikan manfaat,” tukasnya.

Wakaferse sendiri merupakan gerakan semesta berwakaf untuk mendorong inisiatif wakaf masyarakat seluas-luasnya, terutama wakaf uang.

Gerakan ini juga menjadi upaya bagi Dompet Dhuafa untuk pemerataan kesejahteraan, dan mengentaskan ketimpangan yang ada di masyarakat melalui wakaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com