Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Durian di Kalbar, Momentum Tarik Investor

Kompas.com - 08/11/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Florentinus Anum mengatakan, Festival Durian dan UMKM Bumi Khatulistiwa merupakan momentum mengenalkan potensi raja buah untuk menarik investor agar tertarik berinvestasi.

"Festival durian ini mengenalkan sekaligus mempromosikan bahwa Kalbar memiliki durian - durian dengan kualitas terbaik. Harapan kita dengan berbagai potensi ini bisa menarik investor untuk menanamkan modalnya ke Kalbar," ujar Anum di Pontianak pada Senin (7/11/2022) seperti dikutip dari Antara.

Anum menjelaskan Kalbar sangat beralasan untuk dikembangkan durian karena dari luas wilayah dan kecocokan tanah terbukti menghasilkan durian unggul lokal. Saat ini ada 12 jenis durian yang sudah rilis dan sudah diakui oleh Kementerian Pertanian sebagai unggul lokal.

"Kami mengundang investor yang mau menanam durian. Sekarang kita juga sudah mulai terus membantu para petani kita untuk mengembangkan ini mudah-mudahan ke depan ini tetap kita jaga dan produksi," jelas Anum.

Anum menyampaikan, investasi untuk pasar durian sebenarnya terbuka lebar. Bahkan untuk kebutuhan lokal juga belum terpenuhi. Sejauh ini juga untuk ekspor pasta durian telah dilakukan yang menyasar Tiongkok dan Jepang.

"Setiap musim durian ada ekspor. Namun untuk ekspor ini lah masih musiman karena mengandalkan durian yang tidak dibudidayakan. Sehingga dengan permintaan tinggi menjadi potensi untuk berinvestasi tanaman durian di Kalbar," ucap Anum.

Saat ini, di Kota Pontianak mulai dibanjiri durian dari berbagai daerah di Provinsi Kalbar. Setiap sore dan malam sangat mudah ditemukan di sekitar Pasar Mawar, Sungai Jawi, Tanjungraya II dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com