Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Bisnis Kemasan Produk Cukup Menjanjikan

Kompas.com - 09/11/2022, 09:54 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah usaha yang memasarkan produk perlu memiliki kemasan yang baik dan menarik. Hal ini menjadi peluang bisnis bagi Anda yang ingin menyediakan produk kemasan ini.

Peluang bisnis dalam membuat kemasan untuk produk suatu brand atau usaha cukup menjanjikan saat ini. Apalagi, ragam jenis kemasan semakin bervariasi dan memiliki banyak spesifikasi yang dibutuhkan.

Misalnya kemasan ramah lingkungan, kemasan dengan desain menarik, atau kemasan dengan harga terjangkau, beberapa jenis kemasan yang dicari ini bisa dijadikan fokus bisnis yang pastinya dicari oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lain.

Baca juga: 5 Strategi Produk UKM Tembus Retail Modern

Lantas, mengapa bisnis kemasan produk ini menjanjikan?

1. Produk Membutuhkan Pelindung

UMKM yang memasarkan sebuah produk pasti membutuhkan kemasan untuk melindungi dan menjaga barang atau makanannya. Belum lagi, peran kemasan sangat berguna untuk menjadi identitas produk dan menarik perhatian konsumen.

Oleh karena itu, banyak dari pelaku usaha itu pasti akan mencari vendor/produsen kemasan yang dapat membantu mereka, dibandingkan harus membuatnya sendiri.

2. Membantu Pelaku UMKM Bangun Kepercayaan Konsumen

Peran kemasan tidak sesederhana itu. Melalui kemasan produk, para pelaku UMKM bisa membangun kredibilitas dan kepercayaan konsumen mereka.

Jika Anda bisa membangun bisnis kemasan produk dengan baik dan menghasilkan model-model kemasan yang menarik serta aman, pelaku UMKM dijamin akan terus kembali kepada Anda.

Baca juga: Tips Laris Manis Jualan di Marketplace

3. Biaya Promosi Tidak Banyak

Promosi melalui media sosial dan marketplace sebenarnya sudah sangat cukup untuk model bisnis ini. Gunakan hasil kemasan untuk brand yang bekerja sama dengan Anda untuk dijadikan konten testimoni dan portofolio yang bisa dipajang melalui media sosial.

4. Banyak Tren Baru yang Bisa Diaplikasikan

Tren model kemasan saat ini sangat beragam, salah satunya kemasan ramah lingkungan. Misalnya, Anda bisa menawarkan produk kemasan dari bahan organik atau hasil daur ulang jika memang capable dalam proses pembuatannya.

Hal tersebut dapat menjadi kelebihan serta meningkatkan nilai jual kemasan yang Anda tawarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com