Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Malang Dorong UMKM Optimalkan Penggunaan Wifi Gratis untuk "Go Digital"

Kompas.com - 16/11/2022, 14:15 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Pemkot Malang mendorong warganya untuk memanfaatkan layanan WiFi gratis yang ada di 551 RW untuk kegiatan yang produktif.

Kepala Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Malang, M Nur Widianto mengatakan, Pemkot Malang telah memberikan fasilitasi infrastruktur digital berupa layanan WiFi gratis di 551 RW yang tersebar di 57 kelurahan.

Pihaknya mendorong masyarakat terutaa yang memiliki bisnis bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Salah satunya dilakukan melalui penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) berupa layanan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi atau TIK dengan tema 'Introduction Internet and Marketplace' juga telah dilakukan.

Baca juga: Produk Ekonomi Kreatif UMKM Dipamerkan dalam Spouse Program KTT G20

"Bimtek sudah dilaksanakan, kita berharap peserta yang ikut dapat memahami tentang pemanfaatan internet, kita mendorong dengan dapat membuat toko online sendiri guna pengembangan usaha UMKM. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Nur Widianto pada Selasa (15/11/2022).

Dia mengatakan, Bimtek pemanfaatan internet dan pengelolaan marketplace yang diikuti 59 peserta guna memberikan pemahaman literasi digital kepada pelaku UMKM.

"Bimtek pemanfaatan internet dan pengelolaan marketplace untuk diberikan pemahaman, dikuatkan dari sisi literasinya dan mampu diberdayagunakan secara maksimal. Sehingga Kota Malang dapat semakin adaptif dengan teknologi informasi," katanya.

Staf Ahli Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia Kota Malang, Alie Mulyanto menyampaikan, adaptasi masyarakat terhadap perkembangan teknologi yang pesat sudah menjadi kebutuhan. Menurutnya, teknologi saat ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencari peluang ekonomi.

Oleh sebab itu, Alie berharap, fasilitas internet yang ada di masing-masing kelurahan dan RW dapat digunakan secara maksimal.

Baca juga: Ini Cara Membangun Mental dan Pola Pikir untuk Jadi Pengusaha Sukses

"Bagaimana kita bisa memanfaatkan dan menggunakan TIK untuk mendapatkan nilai tambah, sudah ada fasilitas internet, itu harus digunakan semaksimal mungkin. Saat ini juga sudah dibangun Malang Creative Center, ini dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat berkaitan dengan teknologi informasi," katanya.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.