LIVE BRONIS UMKM 26 November: Pilihan Bisnis Minim Modal tapi Tetap Cuan

Kompas.com - 24/11/2022, 11:08 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menjalankan usaha sendiri adalah impian sebagian besar orang dalam mencari nafkah. Dengan menjalankan usaha sendiri, setiap orang bisa memilih jalan usahanya sesuai dengan keinginnnya.

Namun, ada hal yang kerap menjadi kendala bagi orang-orang yang ingin memulai usaha. Ya, kendala itu salah satunya adalah modal.

Padahal, sebenarnya banyak usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim. Meski minim, cuan yang bisa didapatkan bahkan bisa besar tergantung strategi dan pengetahuan soal bisnis yang akan dijalankan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan para calon pengusaha yaitu melihat peluang jaringan ritel yang ada di Indonesia. Beberapa ritel di Indonesia seperti Alfamart punya solusi bisnis yang minim modal tetapi bisa menghasilkan cuan.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk merupakan pengelola jaringan ritel yang menaungi merek Alfamart dan Alfamidi. Sejak tahun 1999, Alfamart hadir untuk menyediakan barang-barang kebutuhan pokok.

Dalam perjalanannya, Alfamart terus mengembangkan bisnisnya baik di ibu kota hingga ke wilayah-wilayah lain di Indonesia. Hingga akhir tahun 2021, tercatat ada 16.492 gerai Alfamart yang tersebar di wilayah Indonesia.

Alfamart sendiri menyediakan beragam produk termasuk produk lokal. Alfamart sendiri mengambil peran menumbuhkembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Upaya tersebut sesuai dengan salah satu visi Alfamart adalah berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil. Buktinya, konsumen Alfamart bisa menemukan beragam produk UMKM di dalam maupun luar toko Alfamart.

Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM adalah memasukkan produknya ke dalam rantai penjualan Alfamart. Dengan begitu, produk UMKM bisa semakin dikenal dan berpeluang merasakan kenaikan omzet.

Selain itu, calon pengusaha bisa memanfaatkan program Alfamind dari Alfamart. Alfamind adalah toko ritel virtual dari Alfamart yang dapat dimiliki oleh masyarakat yang ingin memiliki usaha ritel dengan modal yang minim.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.