Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nodeflux Bocorkan Dua Potensi Pengembangan Face Recognition untuk UMKM

Kompas.com - 29/11/2022, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi face recognition disebut akan semakin membantu sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

Face recognition sendiri merupakan teknologi yang bisa dipakai untuk mengidentifikasi wajah seseorang untuk berbagai kepentingan lewat foto maupun video.

"Potensi pengembangan ke depan yang juga sedang kami kembangkan yaitu face payment dan face loyalty," kata Chief Of Artificial Intelegence Business Strategy Nodeflux, Adhiguna Mahendra saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan pada Senin (28/11/2022) sore.

Face payment lebih lanjut dijelaskan oleh Adhiguna merupakan teknologi yang memungkinkan seorang pelanggan melakukan pembayaran dengan hanya menunjukkan wajah. Face payment, kata Adhiguna, sudah diterapkan di berbagai usaha di China. 

Pelanggan nantinya akan diidentifikasi oleh teknologi Artificial Intelegence lewat kontur muka dan identitas lainnya. 

Baca juga: Face Recognition Bisa Bantu UMKM, Chief Nodeflux: Berguna Berikan Insight Bisnis

Apabila, verifikasi sudah dinyatakan benar, maka pembayaran akan secara otomatis terpotong dari saldo akun bank atau dompet digital lainnya.

Menurut Adhiguna, penggunaan face payment seperti di China bisa diterapkan di Indonesia.   Penerapan face payment dinilai bisa mempermudah transaksi bisnis.

Potensi face recognition kedua yang akan berkembang di Indonesia yaitu face loyalty. Face loyalty akan berguna bagi seseorang yang memiliki keanggotaan atau member di toko maupun restoran.

"Jadi selama ini sering ada masalah, misalnya saat ke restoran atau apa pun, kita diminta kartu membership. Atau misalnya kita diminta untuk menginstall aplikasi. Tidak semua orang mau. Menurut saya, loyalty itu bisa diterapkan lewat sistem face recognition," kata Adhiguna.

"Dan sebetulnya kami pernah melayani case itu. Jadi ada usaha yang menggunakan face recognition jadi hanya mendeteksi wajah untuk mengetahui membership, pembayaran, cek point, dan lain-lain," tambah Adhiguna.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.