Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan UKMM Indonesia Gunakan Teknologi Face Payment?

Kompas.com - 30/11/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi face payment dalam sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diprediksi akan mulai berjalan beberapa tahun ke depan.

Face payment merupakan teknologi yang memungkinkan seorang pelanggan melakukan pembayaran pembelian barang atau jasa dengan hanya menunjukkan wajah.

"Saya rasa gak akan sampai 3-5 tahun ke depan, (UMKM Indonesia) itu sudah bisa menggunakan sistem face payment," kata Chief Of Artificial Intelegence Business Strategy Nodeflux, Adhiguna Mahendra saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan pada Senin lalu.

Dalam teknologi face payment, pelanggan nantinya akan diidentifikasi oleh teknologi Artificial Intelegence lewat kontur muka dan identitas lainnya.

Apabila, verifikasi sudah dinyatakan benar, maka pembayaran akan secara otomatis terpotong dari saldo akun bank atau dompet digital lainnya.

Menurut Adhiguna, penggunaan face payment seperti di China bisa diterapkan di Indonesia. Penerapan face payment dinilai bisa mempermudah transaksi bisnis.

"Nah, seperti itu tuh, harusnya dengan user experiment yang semakin baik dan cepat, sales mereka bisa naik gitu jika diterapkan. Engagement untuk user menggunakan produk mereka semakin meningkat," lanjut Adhi.

Menurut Adhy, penerapan teknologi face payment perlu literasi digital yang mumpuni baik dari pelaku UMKM maupun pelanggan. Adhy mengatakan, teknologi face payment juga merupakan teknologi yang relatif baru di Indonesia.

"Bahkan kalau kita bicara UMKM, belum tentu juga mereka punya sistem payment yang bagus. Padahal sekarang sistem payment kan udah beragam. Itu baru masalah payment, belum lagi teknologi-teknologi seperti face recognition yang mungkin belum banyak dikenal, apalagi untuk pelaku usaha di daerah. Mereka pasti mengira teknologi seperti ini mahal," tambah Adhy.

Nodeflux merupakan perusahaan teknologi computer vision asal Indonesia yang sudah banyak berkecimpung di berbagai event dan bekerjasama dengan berbagai lembaga, dan pemerintah.

Berbagai solusi dihadirkan oleh Nodeflux seperti face recognition, penghitung dan klasifikasi kendaraan berdasarkan ukuran dan jenis kendaraan, pendeteksi muka air, dan lainnnya.

Nodeflux juga berpartisipasi dalam pengamanan Asian Games 2018 dan IMF World Bank Group Summit 2018.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.