Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Nusantara 2022, Omzet UMKM di Wakatobi Melonjak hingga Belasan Juta

Kompas.com - 15/12/2022, 09:30 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Pelaku UMKM di Wakatobi merasakan dampak positif dari pelaksanaan kegiatan Hari Nusantara 2022 yang diselenggarakan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Dengan mengangkat tema mengenai “Peningkatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Indonesia Bangkit Lebih Kuat”, rangkaian acara ini telah digelar sejak 10 Desember 2022 hingga 14 Desember 2022.

Tak main-main, UMKM olahan hasil laut Wakatobi di Sulawesi Tenggara kebanjiran pesanan berbagai macam produk yang dijual pada momen Hari Nusantara 2022, hingga mendapatkan peningkatan omzet mencapai 1.200 persen.

Baca juga: Pisang Raja Bandung, Alternatif UMKM Banjarnegara Mendongkrak Cuan

Salah satu pelaku UMKM di Wakatobi, pemilik merek dagang Mekar Bahari Royani Kadir mengungkap, jika bulan lalu omzet Rp1 juta, bulan ini mencapai Rp 12 juta, karena adanya acara Hari Nusantara.

Royani mengaku mendapat banyak pesanan produk olahan ikan dan olahan rumput laut berupa abon tuna, stik ikan tuna, dendeng olahan ikan, stik rumput laut, hingga dodol rumput laut untuk memenuhi kebutuhan pameran produk UMKM, dalam rangkaian acara Hari Nusantara 2022.

"Kemarin buat dodol, habis 63 kilogram rumput laut," kata Royani seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/12/2022).

Berawal dari keripik ikan

Ia bercerita, bahwa dirinya memulai usaha olahan ikan dan rumput laut sejak 2013. Royani bersama dengan seorang temannya memulai kelompok usaha dengan mengayomi 10 orang perempuan yang putus sekolah di Desa Mola Bahari, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Wakatobi.

Pada saat pertama kali memulai usaha, Royani hanya membuat satu produk, yaitu keripik ikan. Namun tak berpuas diri, ia dan rekannya terus mengasah keterampilan dengan mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh berbagai instansi dan kedinasan.

Hingga saat ini produk yang dihasilkan terus berkembang, dengan produk yang paling laris adalah stik rumput laut dan dodol rumput laut.

Baca juga: Menteri Teten Sebut Evolusi UMKM Berperan Penting Menopang Ekonomi Nasional

Royani menyebut mendapat ide membuat dodol rumput laut dari pelatihan yang diikutinya, namun dia berinovasi dengan menambahkan buah seperti nanas dan buah naga untuk penambah rasa.

Acara puncak Hari Nusantara 2022 dilaksanakan di Marina Togo Mowondo, Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Acara dimeriahkan parade 1.000 perahu rakyat, penghargaan nasional bidang kelautan dan wilayah maritim, peluncuran Smart Fisheries Village (SFV), expo UMKM, dan juga panggung hiburan rakyat.

Beberapa kegiatan juga telah dilaksanakan seperti kegiatan bersih laut, bakti kesehatan, kampanye Gemar Makan Ikan, forum investasi, penanaman mangrove, pelepasan tukik, dan lain sebagainya.

Baca juga: Jelang Nataru, UMKM Produsen Sambal di Malang Ini Genjot Produksi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com