Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah UMKM Cianjur Bertambah Pasca-Gempa Bumi

Kompas.com - 19/01/2023, 13:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pelaku UMKM di Cianjur terus bertambah pasca-gempa bumi yang beberapa waktu lalu. Bahkan, sebagian pelaku usaha tersebut sebagian sudah kembali berproduksi.

Kepala Diskoperindag Cianjur Tohari Sastra mengatakan, satu bulan setelah gempa, pihaknya banyak mendapat permintaan pelatihan dan pendampingan dari pelaku UMKM di sejumlah desa terdampak.

"Banyak warga yang mencari informasi ke dinas pendamping di masing-masing desa terdampak tentang tata cara menjadi pelaku usaha, sehingga pekan ini, kami sudah memberikan pelatihan untuk warga dalam mengolah berbagai makanan berbahan baku pisang," katanya sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: 8 Kunci Sukses Bisnis Online, Salah Satunya Komunikasi yang Baik

Tohari menyatakan, pihaknya belum bisa menyebutkan jumlah pelaku UMKM baru yang bermunculan setelah gempa. Namun demikian, yang mengajukan pelatihan dan pembinaan sudah lebih dari 15 kelompok yang terdiri dari 5 sampai 10 orang di tiga kecamatan seperti Pacet, Cugenang dan Cilaku.

"Kami sudah siapkan tim untuk pelatihan dan pembinaan bagi warga terdampak agar menjadi pelaku usaha baru, selama serius dalam menjalani pelatihan yang diberikan secara bertahap mulai dari pengolahan sampai dengan pengemasan akan menghasilkan produk unggulan," katanya.

Pemerintah daerah, tutur Tohari, menargetkan 50.000 pelaku UMKM dapat terwujud di tahun 2023 dengan berbagai produk unggulan yang memiliki daya saing hingga keluar negeri seperti produk radio antik dan sambal honje yang sudah merambah pasar Eropa dan timur tengah.

Baca juga: 5 Tips Sukses Merintis Usaha Rice Bowl Rumahan

Tohari menambahkan, satu bulan setelah gempa banyak pelaku UMKM di daerah terdampak kembali berproduksi, sehingga pihaknya akan melakukan pendataan agar mereka mendapatkan bantuan dari pemerintah sebagai upaya pemulihan karena dipastikan mereka banyak terkendala.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.