Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kabupaten Konawe Utara Beri Bantuan Stimulan untuk Ratusan UMKM

Kompas.com - 02/02/2023, 21:39 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebagai salah satu upaya pemberdayaan UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, memberikan bantuan stimulan berbentuk barang untuk 348 pelaku UMKM yang tersebar di 95 desa/kelurahan di 13 kecamatan.

“Selain meningkatkan SDM pelaku UMKM melalui kegiatan pelatihan, kami juga memberikan bantuan stimulan,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Konawe Utara Yusnah, seperti dikutip dari Antara, Kamis.

Lebih lanjut Yusnah memaparkan, bebrapa bantuan stimulan barang yang diberikan di antaranya berupa mesin parut kelapa, peralatan perbengkelan, alat dapur bagi pelaku usaha makanan dan kuliner, serta alat-alat pertukangan dan pertanian.

Baca juga: Koperasi Anak Nagari Minangkabau Bantu Pasarkan Produk UMKM hingga Eropa

Bantuan stimulan tersebut, telah diserahkan oleh Bupati Konawe Utara Ruksamin yang dihadiri Wakil Bupati Abuhaera, Sekda Kasim Pagala dan jajaran Forkopimda lainnya.

Bantuan stimulan ini, merupakan upaya pemerintah untuk terus mendorong pembangunan UMKM sebagai motor ekonomi rakyat, yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi nasional

“Pemberian stimulan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, agar Konawe Utara tidak mengalami resesi dan inflasi ekonomi yang diprediksi terjadi pada 2023,” ujar Ruksamin.

Ia menyebut, masalah inflasi merupakan masalah yang menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Ruksamin juga menekankan kepada seluruh pelaku usaha UMKM, untuk menggunakan bantuan ini sebaik-baiknya dan tidak digunakan untuk pribadi, tapi untuk membuka usaha yang dapat menunjang perekonomian.

Baca juga: 3 Langkah Penting Tingkatkan Daya Saing UMKM Kuliner

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com