Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Sukses Membangun Bisnis Online untuk Pemula

Kompas.com - 27/02/2023, 19:25 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini, perkembangan teknologi memberikan banyak kemudahan, salah satunya untuk berbisnis online.

Tanpa perlu membangun toko fisik, Anda bisa membangun toko secara online, yang tak terbatas waktu dan jarak. Itulah mengapa bisnis online dianggap mudah untuk dilakukan.

Meski demikian, membangun bisnis online tak semudah seperti yang terlihat, ada banyak hal yang mesti diperhatikan supaya bisnis online sukses.

Baca juga: 3 Ide Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar

Untuk para pemula, berikut ini 7 tips sukses membangun bisnis online, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Melakukan riset pasar

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah melakukan riset pasar. Riset ini penting untuk mengetahui kebutuhan pasar secara objektif.

Anda bisa melakukan riset ini melalui media sosial, dari sana dapat diketahui apa saja yang sedang populer, baik produk maupun jasa yang sedang disukai masyarakat luas.

Selain itu, Anda bisa membuat survei secara online untuk memperoleh informasi yang lebih detail, bahkan Anda bisa meminta saran dari calon pelanggan terkait hal apa yang diperlukan.

2. Menentukan produk

Selanjutnya, Anda bisa menentukan produk yang ingin dijual. Ketahui juga peluang dan risiko produk yang mau dijual, supaya lebih mudah mengambil keputusan.

3. Melakukan riset kompetitor

Ketiga, melakukan riset kompetitor untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing. Lalu, Anda dapat mengatur strategi bisnis, supaya bisnis Anda tak kalah saing.

Selain itu, melalui riset ini juga bisa membandingkan harga produk kompetitor dan mengetahui harga produk yang ada di pasaran

4. Menetapkan target pasar

Setelah melakukan riset kompetitor, Anda perlu menetapkan target pasar, untuk mengetahui konsumen dengan karakteristik yang sama dan cocok dengan produk yang dijual.

Dengan target pasar yang jelas, bisnis yang Anda buat akan berkembang karena sesuai keperluan pasar, bahkan akan lebih mudah membuat strategi pemasarannya.

Baca juga: 8 Kunci Sukses Bisnis Online, Salah Satunya Komunikasi yang Baik

Ilustrasi bisnis online, berjualan secara online dari rumah. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi bisnis online, berjualan secara online dari rumah.

5. Melakukan promosi

Melakukan promosi dapat membuat produk yang Anda jual dikenal orang banyak. Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial secara gratis.

Buatlah foto produk yang menarik disertai detil penjelasan produk Anda, mulai dari bahan hingga kegunaannya.

Untuk mempromosikan produk, Anda bisa memanfaatkan jasa influencer jika memiliki dana lebih.

6. Mempertahankan pelanggan

Selanjutnya, jika Anda sudah berhasil mendapatkan pelanggan melalui promosi, maka sangat penting mendapatkan pelanggan setia dan mempertahankan hubungan dengan mereka.

Supaya bisa memberi nilai tambah dalam perkembangan bisnis Anda, sesekali berikan potongan harga atau bonus produk gratis.

7. Melakukan evaluasi

Langkah terakhir, Anda perlu melakukan evaluasi secara terjadwal dan rutin supaya dapat memahami kesulitan dan kekurangan bisnis yang Anda jalankan.

Evaluasi juga bisa dilakukan untuk pengelolaan keuangan, dari pengeluaran sampai pemasukan bisnis Anda.

Baca juga: Jalankan Bisnis Online, Jangan Lupa Kelola Medsos dengan Baik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com