Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hobi yang Berpotensi Jadi Sumber Cuan

Kompas.com - 03/04/2023, 15:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hobi biasanya merupakan kegiatan yang dilakukan dengan sukarela untuk mengisi waktu luang atau sebagai hiburan untuk mengistirahatkan diri dari aktivitas lain.

Namun, pernahkah kamu terbayang bahwa hobi ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan cuan, yang menjadi sumber uang tambahan? 

Berikut ini beberapa hobi yang dapat Kamu manfaatkan untuk mendapatkan cuan tambahan seperti yang dilansir melalui clevergirlfinance.com.

1. Memasak

Banyak orang yang menyukai masakan rumah, tetapi tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak, terlebih lagi mereka yang bekerja. Nah,

Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha katering atau membuka warung makan.

Sebagai permulaan, kamu dapat memulainya dari rumah, cukup dengan mempromosikan secara online dan masakan bisa dikirimkan langsung ke rumah pelanggan atau diambil di rumahmu.

Cara lain, bisa juga dengan menyiapkan meja kecil di depan rumah untuk menyajikan masakan yang dijual, sehingga pelanggan bisa memilihnya secara langsung.

Baca juga: 7 Tips Sukses Jalankan Bisnis Katering Ramadan

2. Membuat kue atau snack

Banyak orang yang senang menyantap camilan di sela-sela kegiatan atau ketika waktu santai.

Jika kamu gemar membuat kue atau snack, terlebih jika variannya unik atau memiliki nilai plus sendiri yang bisa kamu jual, jangan takut untuk mulai mencoba menjual camilanmu.

Ada banyak camilan berupa kue atau snack yang digemari orang-orang, seperti cookies cokelat dan brownies.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Camilan yang Bisa Hasilkan Banyak Cuan

3. Merajut

Kamu hobi merajut? Hobi yang satu ini juga berpeluang menjadi sumber cuan loh. Banyak orang menyukai barang-barang buatan tangan (handmade) dengan keunikan atau desain yang ditawarkan.

Kamu dapat memasarkan hasil rajutanmu secara online dengan menggunakan media sosial, entah itu mengunggahnya di akun pribadi atau bergabung ke dalam suatu komunitas tertentu.

Kreasikan hasil rajutanmu dalam berbagai bentuk produk, seperti dompet, tas, gantungan kunci, gelang, selimut, scarf, dan lainnya.

Baca juga: Berawal dari Hobi, Putri Utami Raup Cuan dari Bisnis Merajut

4. Fotografi

Hobi memotret yang kamu miliki dapat terus diasah, hingga kemampuanmu dapat dijual.

Ada banyak orang yang mencari jasa fotografer untuk berbagai momen penting, seperti acara pernikahan, ulang tahun, wisuda, peresmian perusahaan, bahkan liburan.

Kamu dapat memanfaatkan akun media sosial sebagai portofolio untuk menunjukkan hasil-hasil jepretanmu, sehingga dapat lebih meyakinkan calon klienmu.

5. Editing

Jika kamu hobi mengedit foto, video, bahkan audio, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa editing, kemudian menawarkannya di internet.

Tawarkan berbagai hasil editing yang menarik, dengan tetap menyesuaikan kebutuhan calon klien.

Komunikasikan juga dengan calon klien, bagaimana editing yang mereka inginkan.

Baca juga: 5 Skill yang Harus Dimiliki sebagai Wirausaha, Simak Penjelasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com