Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Dorong UMKM Kembangkan Sistem Digitalisai Pemasaran Lewat ICRAFT 2023

Kompas.com - 09/04/2023, 16:03 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kebangkitan perekonomian nasional, dengan ikut berpartisipasi dalam Pameran Interior dan Craft (ICRAFT) 2023 di JCC 5-9 April 2023.

Melalui pameran ini, UMKM binaan Pertamina berkesempatan untuk memperluas akses pasarnya sekaligus mengambil peran dalam kebangkitan kriya Indonesia, di tengah-tengah era ekonomi digital.

Dengan tema “Kriya Indonesia Dalam Era Ekonomi Digital”, diharapkan kesempatan ini dapat mendorong pelaku UMKM untuk lebih mengembangkan sistem digitalisasi pemasaran, sehingga profit penjualan yang didapatkan meningkat.

Selain itu, mereka juga berkesempatan memasarkan produk hingga ke pasar internasional yang tentunya dapat turut meningkatkan angka ekspor.

Baca juga: Pemerintah Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan bagi UMKM

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengatakan UMKM dituntut untuk melakukan inovasi produk dan dapat mengimbangi pemasaran konvensional dengan pemasaran secara online, di mana dalam era digital saat ini, branding dan pemasaran online menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan.

Adanya pemasaran secara digital atau online ini menjadi kesempatan bagus bagi para pelaku UMKM untuk terus berkembang maju, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.

“Selain biaya yang murah dan tidak harus memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial secara langsung dianggap mampu untuk meraih konsumen secara luas,” ucap Fadjar dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Baca juga: Ingin Jualan Online dan Dapat Hasil Maksimal? Begini Tipsnya

Pertamina sendiri memiliki marketplace, yakni smexpo.pertamina.com, yang menjadi salah satu wadah bagi UMKM untuk memasarkan produknya secara online kepada masyarakat luas.

Ditambah dengan adanya berbagai promosi, seperti gratis ongkos kirim, diskon harga, flash sale, serta voucher potongan harga yang disediakan oleh Pertamina, khusus dalam bulan Ramadhan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan.

Dikatakan Fadjar, kegiatan pameran seperti ini merupakan bentuk dukungan dari Pertamina dalam pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang juga menjadi bagian dari Environmental, Social and Governance (ESG).

Baca juga: Jangan Lakukan 4 Kesalahan Digital Marketing Ini!

Ke depannya, Pertamina akan semakin aktif untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM agar semakin menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia.

“Setelah mengikuti pameran, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pasar produk-produk karya anak bangsa, terlebih kriya yang merupakan produk UMKM yang tergolong memiliki potensi bisnis yang sangat positif, baik di dalam maupun luar negeri,” pungkas Fadjar.

Beberapa UMKM binaan Pertamina yang hadir dalam ICRAFT 2023 adalah Faiza Bordir, Haluan Bali, Batik Muria, Kraton Leather, Rumah BUMN (RB) Klungkung, dan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya.

Baca juga: Cara Sukses Memulai Bisnis, Awali dari Hobi hingga Ikuti Tren

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com