Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 4 Ide Cuan Bermodalkan Ponsel dan Internet

Kompas.com - 10/04/2023, 17:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di zaman yang banyak mengandalkan teknologi digital ini, ponsel atau handphone (HP) menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang dalam kegiatan sehari-harinya.

Selain untuk berkomunikasi, kamu juga bisa memanfaatkan ponsel untuk mencari cuan. Ada banyak kesempatan untuk mulai mencari cuan dengan hanya bermodalkan ponsel dan akses internet.

Berikut ini beberapa ide cuan menggunakan ponsel yang bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Baca juga: Buka Usaha dengan Modal Mulai dari Rp 100.000? Ini Rekomendasinya

1. Admin online shop

Ide yang satu ini melihat pada banyaknya online shop yang sekarang hadir di Indonesia, mulai dari yang menggunakan website, marketplace online, hingga sosial media.

Tingginya minat masyarakat berbelanja melalui online shop dan banyaknya online shop yang ada, bisa jadi peluang untuk mencari cuan dengan menjadi admin.

Seringkali dalam menjalankan bisnis online shop, diperlukan seorang admin yang bertugas mengelola platform yang digunakan untuk memudahkan jalannya bisnis.

Biasanya kamu akan diberi tugas berupa melayani pelanggan secara online, menerima pesanan, dan memprosesnya hingga kemudian sampai di tangan pelanggan.

Baca juga: 10 Kunci jadi Pengusaha Sukses dengan Modal yang Kecil

2. Dropshipper

Tak jauh berbeda, dengan menjadi dropshipper berarti kamu hanya perlu menyiapkan ponsel dan akses internet. Kamu tidak perlu menyiapkan modal untuk membeli barang atau menyewa tempat.

Berdasarkan sistem kerja yang berlaku, kamu hanya perlu memasarkan produk yang kamu ambil dari supplier kepada pelanggan, kemudian ketika ada pesanan masuk, supplier akan  mengirimkannya ke tangan pelanggan dan kamu akan mendapat keuntungan sesuai dengan kesepakatan bersama yang telah ditentukan.

3. Bisnis afiliasi

Kalau dropshipper memasarkan produk secara langsung, sistem affiliate marketing memasarkan produk dengan ikut menyertakan link produk yang nantinya dapat dibuka oleh calon pelanggan.

Yang harus kamu lakukan adalah mendaftar lebih dulu kepada platform market place yang membuka program ini.

Nantinya kamu akan mendapat keuntungan tergantung pada jumlah produk yang terjual melalui link yang kamu berikan.

Baca juga: Begini 5 Cara Manfaatkan Affiliate MarketingAgar Untung

4. Vlogger

Bagi kamu yang hobi membuat konten, entah itu di Instagram, TikTok, atau YouTube, ini menjadi kesempatan untuk melakukan hobi sekaligus mendapatkan cuan dengan cara yang menyenangkan.

Tak harus berdurasi panjang, kamu dapat mengunggah video singkat yang berisikan kegiatan yang kamu lakukan, seperti misalnya di bidang fesyen atau beauty, di mana kamu dapat membuat konten mix n match outfit, tutorial make up atau review skincare.

Jika kamu berhasil mengemas konten dengan menarik sehingga menjangkau banyak orang, ini akan membuka peluang kamu untuk ditawari endorse produk dari suatu merek atau bahkan menawarkan iklan untuk dipasang di videomu (jika kamu mengunggahnya di YouTube).

Baca juga: 3 Ide Bisnis Fashion dengan Modal Terbatas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com