Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Tips Peluang Usaha Studio Olahraga Berikut Ini

Kompas.com - 14/04/2023, 18:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Apakah Anda tertarik dalam bidang olahraga, utamanya pada latihan kebugaran? Kalau iya, membangun bisnis studio olahraga mungkin bisa jadi satu peluang usaha yang sesuai dengan minat, lho!

Bisnis studio olahraga adalah bisnis yang menawarkan fasilitas untuk latihan dan kebugaran. Misalnya studio yoga, studio dance, studio kebugaran, atau gym dengan tujuan membantu orang dalam mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran mereka.

Jenis latihan yang ditawarkan juga beragam, seperti senam, yoga, pilates, HIIT (High-Intensity Interval Training), latihan kardio, hingga latihan kekuatan.

Untuk pendapatannya diperoleh dari biaya membership bulanan dan juga tahunan, biaya drop-in atau single class, penjualan produk olahraga atau kebugaran, hingga penawaran program latihan khusus.

Peluang bisnis tersebut bisa menjamin keuntungan jika dijalankan dengan benar dan teratur. Simak tips usaha studio olahraga dari Cermati.com berikut ini agar bisnis Anda berjalan lancar.

1. Cari Tahu Tren yang Sedang Populer dan Pilih Nama Studio yang Tepat

Tips pertama adalah mencari tren-tren olahraga yang sedang populer, ini sangat penting lho mengingat tren baru selalu bisa memikat konsumen baru. Apalagi konsumen-konsumen yang ingin menjajal tren tersebut, dengan begitu studio olahraga milik Anda akan semakin up to date dan tak ketinggalan.

Melihat perkembangan tren serta memahaminya merupakan poin penting dalam menentukan strategi usaha studio olahraga. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar studio yang dikelola bisa lebih fleksibel mengikuti perkembangan tren terbaru adalah menyesuaikan nama perusahaan.

Jadi sebisa mungkin jangan pilih nama studio yang terlalu umum agar tidak menyamai nama studio lain, sehingga nama tersebut menciptakan kesan yang berbeda dan unik.

Selain itu, nama studionya juga jangan menjurus pada bidang yang terlalu spesifik supaya pengelolaannya lebih fleksibel. Terlebih ketika punya rencana untuk mengembangkan layanan yang sudah ditawarkan oleh studio tersebut.

2. Membangun Branding Menggunakan Media Sosial

Medsos saat ini masih jadi sarana promosi dan branding terbaik untuk setiap jenis bisnis, termasuk bisnis studio olahraga. Apalagi jumlah pengguna dan waktu aktif/akses media sosial di Indonesia yang tinggi tentunya menjadi poin lebih yang sangat menguntungkan.

Coba buat akun medsos studio olahraga tersebut di medsos seperti Youtube, Instagram, TikTok, dan sejenisnya. Kemudian mulailah rajin buat postingan konten yang menarik, gunakan juga jasa endorsement dari selebgram yang tertarik pada bidang yang sama.

Baca juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

3. Beri Perhatian Lebih pada Kondisi Sarana dan Prasarana

Selanjutnya, perhatikan juga layanan yang diberikan untuk menjaga kepuasan klien. Sebaik apapun Anda berusaha membangun branding, tapi kalau layanannya buruk hal tersebut sia-sia. Justru, tempat tersebut akan mendapatkan rating dan ulasan buruk yang bisa semakin menjatuhkan namanya.

Cara mempertahankan kualitas layanan pada klien adalah melakukan pengecekan kondisi sarana dan prasarana, melengkapi layanan agar makin komplit, hingga pelayanan personal dari para trainernya. Perhatikan juga kebersihan dan kenyamanan setiap ruangan dalam studio olahraga tersebut.

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir kemajuan teknologi juga memegang peranan penting dalam bisnis ini. Muncul aplikasi dan perangkat yang dapat membantu orang untuk memantau kemajuan mereka dalam mencapai tujuan kesehatan. Dengan pengembangan sarana aplikasi tersebut bisa menjadi nilai tambah bagi studio olahraga.

4. Beri Para Karyawan Kesempatan untuk Berkembang

Tips keempat selalu beri ruang dan kesempatan untuk karyawan terutama para trainer atau pelatih. Salah satu caranya adalah diikutkan dalam kelas sertifikasi olahraga khusus sehingga teknik dan keahlian para pelatih akan semakin meningkat.

Bagaimanapun juga para trainer atau pelatih inilah yang akan berhubungan langsung dengan pengunjung studio olahraga Anda. Jadi, semakin baik pelayanan yang diberikan dan makin ahli mereka dalam bidang olahraga, maka konsumen akan semakin puas.

5. Gunakan Aplikasi Kasir Pendukung

Kesuksesan sebuah bisnis tentunya tak bisa lepas dari sistem yang terorganisir, salah satunya adalah sistem kasir. Dengan sistem kasir yang rapi, catatan keuangan dan penjualan akan semakin terstruktur.

Sistem kasir bisa juga dikembangkan dengan pembuatan kartu member yang terkoneksi dengan bank sebagai e-money. Bisa juga membangun kerjasama dengan beragam platform layanan finansial seperti paylater atau e-wallet untuk memudahkan pembayaran sekaligus menarik perhatian publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com