Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menarik Pelanggan yang "Pergi dan Hilang"

Kompas.com - 15/04/2023, 12:18 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kehilangan pelanggan merupakan salah satu ketakutan yang dihadapi para pelaku bisnis, terlebih lagi jika hal ini terus-terusan terjadi. Lama-kelamaan hal ini dapat mempengaruhi bisnis yang kamu jalankan.

Ada berbagai alasan yang memungkinkan pelanggan pergi atau hilang dan tidak kembali lagi. Tentunya, ada berbagai cara juga yang dapat kamu gunakan untuk menarik kembali mereka sehingga mau berbelanja lagi di tokomu.

Melansir dari entrepreneur.com, berikut ini tips yang dapat kamu tiru jika ingin memenangkan kembali hati pelanggan yang terlanjur pergi.

1. Cari tahu alasannya

Yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan mencari tahu alasan mengapa pelangganmu memilih untuk pergi. Kamu akan kesulitan mengatasi masalah ini jika kamu sendiri tidak mengetahui apa yang membuat mereka memutuskan untuk pergi.

Baca juga: Begini Tips Memberikan Pelayanan Pelanggan Terbaik secara Online

Kamu dapat menanyakan secara personal atau menyebar survei kepada pelanggan untuk mengetahui bagaimana feedback yang mereka berikan.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menanyakan kira-kira hal apa yang perlu ditingkatkan lebih baik lagi agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.

2. Berikan bentuk promosi “We Miss You

Berikan secara khusus bentuk promosi yang satu ini kepada pelanggan yang pergi dan berkemungkinan besar tidak akan kembali lagi melakukan repeat order.

Hal ini menunjukkan bahwa kamu menaruh perhatian dan peduli terhadap mereka. Ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk memenangkan kembali hati mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Bisnis Diingat Pelanggan? Ikuti 5 Tips Ini

Triknya, kamu dapat menerapkan cara ini dengan memberikan potongan harga pada kunjungan atau transaksi mereka di waktu berikutnya sehingga akhirnya mereka dapat mengubah pikiran untuk kembali lagi.

3. Jangan bertindak lambat

Segera ambil tindakan secepat mungkin ketika kamu mengetahui bahwa ada pelanggan yang pergi dan hilang hingga memutuskan tidak akan pernah kembali lagi.

Semakin cepat tanggapan yang kamu berikan kepada mereka, akan semakin besar pula peluang bagi mereka untuk memutuskan kembali lagi ke tokomu.

Jika berlama-lama dan tidak cepat dalam mengambil tindakan, pelanggan dapat merasa terlanjur malas dan enggan berhubungan lagi dengan produk atau bisnismu.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kepuasan Pelanggan? Simak Cara Berikut Ini

4. Buat program loyalitas bagi pelanggan

Program loyalitas ini dapat menjadi bentuk apresiasi kepada pelanggan yang menunjukkan bahwa kamu menghargai keputusan mereka untuk kembali lagi melakukan transaksi.

Tunjukkan kualitas yang lebih baik lagi dari bisnismu, baik dari sisi produk maupun pelayanannya kepada pelanggan sehingga pelanggan pun dapat merasa lebih puas.

Kamu dapat memberikan penawaran khusus bagi mereka, seperti gratis biaya kirim ke rumah dengan minimum pembelian tertentu atau gratis produk tertentu dari bisnismu jika mereka melakukan pembelian barang tertentu.

Baca juga: Customer Kecewa dan Marah? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

5. Jalin kedekatan personal

Dengan menjalin hubungan yang lebih dekat secara personal, pelanggan akan merasa kehadiran mereka itu penting dan diperhatikan.

Coba kirimkan pesan sederhana dengan mencantumkan nama mereka, seperti menanyakan kabar, bagaimana perasaannya, adakah kendala yang mereka rasakan dalam bertransaksi, dan sebagainya.

Seseorang akan merasa senang ketika ditanya mengenai apa yang mereka pikirkan atau rasakan karena ini dapat membuat mereka merasa dirinya diperhatikan.

Baca juga: Ingin Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan? Simak Langkah Berikut Ini

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com