Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk UMKM Rumah BUMN Pertamina Berhasil Tembus Pasar Department Store!

Kompas.com - 16/04/2023, 10:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melalui Rumah BUMN (RB), telah melakukan berbagai inovasi yang terus mendorong pelaku UMKM dalam memperluas pasar melalui berbagai jaringan toko retail.

Sebagai UMKM binaan RB Balikpapan, Griya Gedong dan Bleu by Astrid berhasil memasukkan produknya ke salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Plaza Balikpapan, yakni Matahari Department Store.

Dengan menyediakan counter yang diberi nama Pesona Etnik, Matahari Plaza Balikpapan bersama dengan Dinas Perdagangan Kota Balikpapan menyediakan kesempatan bagi para UMKM untuk memperkenalkan produknya kepda khalayak yang lebih luas, sekaligus menjadi jawaban atas kebutuhan konsumen dalam mencari merchandise khas Balikpapan.

Baca juga: Pertamina Dorong UMKM Kembangkan Sistem Digitalisai Pemasaran Lewat ICRAFT 2023

Griya Godong merupakan produk kerajinan tangan yang ramah lingkungan dengan mementingkan, baik aspek fungsional maupun aspek artistik di dalam pembuatan produk yang menggunakan bahan dasar eco-print ini.

Pemilik Griya Gedong, Imelda, menyebutkan ada berbagai produk yang ditawarkan dengan harga terjangkau mulai dari Rp200 ribu.

“Produknya meliputi pakaian, cardigan, jaket, tas, sepatu, hingga aksesoris dengan kami menggunakan bahan-bahan alami untuk dibubuhkan motif ecoprint dari kain serat alam, kanvas, sutera, serta kulit domba dan sapi, dengan pewarna alam pula seperti daun, bunga, kulit pohon,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Baca juga: Bank Indonesia Tingkatkan Akses Keuangan UMKM dari Sisi Supply dan Demand

Ingin terus mengembangkan produknya agar lebih beragam, Imelda juga turut memproduksi fashion ready to wear dari kain ecoprint buatannya.

Sementara Bleu by Astrid menawarkan berbagai produk kerajinan tangan berupa rajutan yang dijadikan tas, taplak meja, dompet, sarung bantal, dan lainnya.

Menariknya, dalam bisnis ini, sang pemilik, Astrid, mengungkapkan bahwa produk yang diproduksinya ini 100% buatan tangan dengan memberdayakan ibu-ibu lansia yang ada di sekitar rumahnya.

Baca juga: Telkom Dorong Pemberdayaan UMKM melalui Program Kewirausahaannya

“Kami memberdayakan nenek-nenek di sekitar rumah, yang memiliki skill dasar merajut yang dapat berkarya membuat produk menarik, dengan motif rajutan khas Kalimantan,” jelas Astrid.

Mewakili Pertamina, VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan, bahwa kerja sama yang dilakukan dengan memberikan kesempatan produk lokal dipasarkan di pusat perbelanjaan ini sangat baik, karena dapat menaikkan kelas UMKM dan juga memperluas pasar.

Harapan ke depannya, kerja sama seperti ini dapat diterapkan juga di kota-kota lain dan turut mendukung perkembangan yang positif bagi perekonomian masyarakat.

Baca juga: Pemerintah Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan bagi UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com