Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Foto Produk Terlihat Lebih Menarik di Media Sosial

Kompas.com - 19/04/2023, 15:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Foto dengan kualitas yang bagus dan jernih merupakan salah satu kunci dalam melakukan pemasaran melalui media sosial.

Meskipun hanya menggunakan ponsel yang kamu miliki, kamu tetap dapat menghasilkan foto yang keren dan menarik dilihat. Apalagi, saat ini sudah banyak ponsel yang hadir dengan kulitas kamera yang tidak dapat disepelekan.

Berikut ini tips yang dapat kamu tiru di rumah, untuk membantumu membuat foto produk yang lebih menarik dan berkualitas, meskipun hanya menggunakan ponsel.

Baca juga: Catat Tips Ini agar Foto Produkmu Lebih Menarik

1. Bersihkan lensa kamera

Dengan lensa kamera yang bersih dan terjaga, akan membantumu menghasilkan foto yang jernih. Hal ini terlihat sepele tetapi sebenarnya tidak dapat disepelekan juga.

Kamu dapat menggunakan lap khusus yang dapat digunakan untuk membersihkan lensa kamera ponselmu agar tidak tergores dengan sembarangan.

2. Gunakan tripod

Untuk membantu pengambilan foto yang lebih stabil, kamu dapat menggunakan tripod atau alat bantu untuk memegang ponselmu.

Barang yang satu ini dapat kamu jumpai baik di toko offline maupun marketplace online. Pilih tripod yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga: Simak 9 Tips Membuat Konten Media Sosial untuk Berbisnis

3. Perhatikan pencahayaan

Kunci selanjutnya untuk menghasilkan foto yang bagus adalah pencahayaan. Seringkali, untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus kamu membutuhkan alat bantuan, seperti lampu pencahayaan atau ring light yang banyak dijual sekarang ini.

Hindari menggunakan flash karena hasil pencahayaan yang didapat menjadi tidak rata.

Kamu juga dapat mencoba menggunakan cahaya alami dengan memilih tempat yang memiliki pencahayaan yang bagus dan terang sehingga dapat menampilkan dengan jelas produk yang difoto.

4. Pilih angle berbeda

Jangan memotret hanya dari 1 angle. Mainkanlah beberapa angle untuk mendapatkan hasil foto berbeda. Kemudian, kamu dapat melihatnya setelah dipotret, kira-kira angle manakah yang terlihat lebih bagus.

Baca juga: Kunci Sukses Bisnis Kuliner: Jangan Foto Bagus tapi Produk Tak Berkualitas

5. Aktifkan grid lines

Dengan menggunakan bantuan grid lines ini, kamu dapat mengambil foto dengan lebih seimbang. Fitur ini tersedia hampir di seluruh tipe ponsel dan dapat dinonaktifkan sesuai dengan keinginan kamu.

6. Jangan zoom manual

Dibandingkan memperbesar foto secara manual, lebih baik kamu mendekat ke arah objek foto karena hal ini dapat menjaga kefokusan dan kejelasan produk yang difoto.

Dengan memperbesar secara manual, foto yang diambil memiliki kemungkinan akan pecah dan tidak sebagus kualitas foto sebelum diperbesar.

7. Foto candid

Tak harus selalu menunjukkan foto produk yang bagus dengan bakcground yang rapih dan tertata.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com