Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, 3 Kebiasaan Buruk ini Bisa Menghambat Usaha

Kompas.com - 05/05/2023, 13:25 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap individu pasti memiliki kebiasaannya masing-masing, entah itu termasuk ke dalam rutinitas sehari-hari atau tidak.

Mulai dari jam bangun tidur, kegiatan yang dilakukan setelahnya, bepergian dengan kendaraan atau berjalan kaki, itu semua termasuk ke dalam kebiasaan.

Beberapa kebiasaan jika dilakukan secara konsisten dapat memberikan dampak yang positif bagi diri sendiri, begitupun sebaliknya.

Sementara itu, beberapa kebiasaan berikut ini dapat menjebak kamu sebagai seorang pengusaha atau wirausaha, sehingga kegiatan usaha yang dilakukan tidak berjalan dengan efektif atau maksimal.

Baca juga: 5 Skill yang Harus Dimiliki sebagai Wirausaha, Simak Penjelasannya

1. Berfokus pada jadwal atau rencana kegiatan

Kebanyakan orang, terutama yang memiliki jadwal padat dalam kesehariannya, biasanya akan membuat jadwal atau rencana kegiatan mengenai apa yang harus dilakukannya dan diselesaikan pada saat itu juga.

Hal tersebut memang baik, tetapi kamu juga perlu memberikan sedikit ruang untuk fleksibilitas jadwal, di mana ruang ini dapat kamu gunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang datang secara tak terduga, tetapi harus segera diselesaikan.

Pastikan pula jadwal yang kamu susun mempertimbangkan tingkat kepentingan dan deadline antara satu pekerjaan dengan yang lainnya.

Baca juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi Penghalang Kesuksesan Bisnis

Dengan mendahulukan pekerjaan mulai dari yang terpenting dan mendesak, maka akan membantu kamu lebih efektif dalam menggunakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan mendorong kegiatan usaha yang kamu lakukan menjadi lebih maksimal.

2. Melakukan semuanya sendiri

Entah disengaja atau tidak, banyak pengusaha memilih untuk melakukan semua kegiatan secara sendirian, tanpa bantuan dari siapa pun, apalagi di saat awal merintis bisnis.

Tidak ada salahnya mengerjakan semua pekerjaan secara sendirian, asalkan jangan terlalu dipaksakan yang nantinya justru akan berpengaruh buruh terhadap usahamu.

Jika memang memungkinkan, sebaiknya bagi beberapa pekerjaan sesuai dengan ahlinya di bidang masing-masing.

Baca juga: Minta Harga Teman hingga Utang Tak Dibayar, Hindari Kebiasaan Ini agar Bisnis Lancar

Namun, jika kamu memang ingin mengatur semuanya sendiri, cobalah gunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaanmu, seperti contohnya chatbot atau pengiriman pesan otomatis.

Dengan menggunakan bantuan teknologi tersebut, kamu akan dimudahkan ketika berkomunikasi dengan pelanggan secara online.

3. Selalu mengatakan “ya”

Pasti setiap pengusaha ingin memanfaatkan setiap peluang atau kesempatan yang muncul di depan mata.

Namun, selalu mengatakan “ya” tidak selalu berdampak baik bagi usaha. Terkadang, menjawab “tidak” justru menjadi sebuah pilihan yang tepat.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjadi Wirausaha bagi Mahasiswa

Sebelum mengambil sebuah kesempatan dengan mengatakan “ya”, pikirkan dan pertimbangkan dulu secara matang bagaimana dampak yang akan diberikan terhadap usahamu.

Apakah kamu akan lebih banyak mendapatkan keuntungan atau tidak? Apakah hal tersebut dapat membuat usahamu lebih maju dan berkembang?

Sebagai contoh, ketika kamu membuka usaha kue, akan lebih baik kalau kamu berfokus dalam meningkatkan kualitas kue yang kamu produksi sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dibandingkan kamu terus-terusan mengeluarkan varian baru yang belum tentu kue tersebut sesuai dengan minat pasar yang sudah kamu miliki.

Baca juga: 5 Karakter Entrepreneur Sukses yang Harus Dimiliki Saat Membangun Usaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com