Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIVE BRONIS UMKM 11 MEI 2023: Trik Merintis Usaha Bengkel Agar Jadi Pilihan Konsumen

Kompas.com - 10/05/2023, 10:54 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di Indonesia, banyak masyarakat yang cenderung mengandalkan kendaraan pribadi untuk bepergian ke berbagai tempat, mulai dari tujuan sehari-hari, seperti kantor atau kampus, hingga untuk pergi berlibur ke destinasi wisata tertentu atau mudik ke kampung halaman.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, jumlah mobil penumpang di Indonesia mencapai sekitar 17,2 juta unit pada akhir 2022.

Sementara, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencatat, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 152,51 juta unit hingga akhir 2022 dengan 83,27 persen di antaranya berupa sepeda motor.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Bengkel Motor untuk Pemula

Melihat data tersebut, dapat diperkirakan bahwa membuka jenis usaha bengkel memiliki peluang yang amat lebar bagi kamu calon pengusaha yang akan memulai sebuah usaha sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa lebarnya peluang tersebut tak terlepas dari ketatnya persaingan antarusaha bengkel yang ada di Indonesia. Pelanggan akan memiliki banyak opsi untuk memilih bengkel mana yang dapat dipercaya sehingga ia mau menggunakan jasa dari bengkel tersebut.

Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha bengkel kamu perlu mempersiapkan startegi khusus yang dapat menarik dan mempertahankan loyalitas pelanggan sehingga usaha bengkelmu dapat terus berjalan bahkan berkembang lebih maju.

Baca juga: Mau Buka Usaha Bengkel Motor? Simak Tips dari Pemilik Bengkel Ini

Tentunya Kamu harus memberikan pelayanan terbaik dan mampu membangun kepercayaan terhadap pelanggan sehingga usaha bengkelmu berjalan maksimal.

Lantas apa saja yang harus dilakukan para pengusaha bengkel untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan? Bagaimana pengusaha bengkel bisa meningkatkan omzet tetapi bisnis tetap konsisten? Bagaimana menangani keluhan-keluhan dan pertanyaan pelanggan? Bagaimana cara bersaing yang sehat di tengah ketatnya persaingan?

Kompas.com melalui rubrik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kembali menghadirkan program Bronis UMKM.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Suku Cadang dan Aksesoris Motor Agar Tidak Merugi

Kali ini Program Bronis UMKM akan mengangkat topik “Bisnis Bengkel Anti Jengkel: Trik Merintis Usaha Bengkel Agar Jadi Pilihan Konsumen” yang dikemas dalam bentuk talkshow secara live yang dapat diakses melalui di media sosial @Kompas.com yaitu Instagram, Youtube, dan Tiktok

Bersama dengan Ketua Umum Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN), Hermas E. Prabowo, akan dibahas perkembangan bengkel di Indonesia sekaligus peluang dan trik dalam menjalankan usaha bengkel.

Acara ini akan dilaksanakan pada Kamis (11/5/2023). Kamu juga berkesempatan untuk bertanya melalui kolom komentar yang tersedia. Jadi jangan lupa untuk menonton Program Bronis UMKM , ya! Follow Instagram, subscribe dan nyalakan notifikasi Youtube!

Baca juga: Cara Sukses Menjalankan Bisnis dari Pemilik Makacha Bakery, Kegagalan adalah Hal Biasa...

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com