Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mengukur Keberhasilan Bisnis? Lakukan 5 Tahap Evaluasi Ini

Kompas.com - 12/05/2023, 18:15 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber Accurate

KOMPAS.com - Ketika menjalankan bisnis, melakukan evaluasi penting untuk dilakukan. Selain untuk mengetahui keberhasilan, evaluasi juga untuk mengumpulkan data dan membandingkan dengan tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis.

Evaluasi sendiri memiliki arti kegiatan yang terencana supaya dapat menilai dan mengukur keberhasilan dalam suatu program.

Di mana kegiatan tersebut dilakukan oleh pebisnis untuk meningkatkan kualitas dan mutu bisnis yang mereka lakukan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tahapan evaluasi bisnis yang bisa dilakukan.

Baca juga: Agar Usaha Marketing Berhasil, Berikut Cara Melakukan Marketing Audit

1. Menetapkan topik

Tahapan pertama untuk melakukan evaluasi bisnis adalah menetapkan topik atau agenda yang bisa dievaluasi, sehingga bisa menjadi lebih fokus.

Hasil akhir dari program kerja atau suatu kegiatan ini selalu berkaitan dengan hasil analisa. Oleh karena itu, sebelum menjalankan kegiatan ini sebaiknya menguraikan secara detail mengenai hal apa saja yang harus dievaluasi.

2. Merancang kegiatan

Selanjutnya merancang kegiatan terlebih dahulu sebelum melakukan evaluasi bisnis. Tujuannya untuk memudahkan dalam melakukan proses evaluasi bisnis.

Selain itu, juga bisa menghindari percakapan yang keluar dari topik utama, kamu bisa mencoba membuat kegiatan penilaian yang menghasilkan pembahasan intens selama proses evaluasi berjalan.

Baca juga: 5 Macam Digital Marketing yang Dapat Meningkatkan Keuntungan Bisnis

3. Pengumpulan data

Apabila rancangan kegiatan sudah ditetapkan cara baik dan benar, selanjutnya dengan melakukan pengumpulan data yang diperlukan selama evaluasi berjalan.

Melalui proses pengumpulan data, maka proses evaluasi bisnis dapat berjalan secara lebih efektif dan efisien.

Pengumpulan data bisa berwujud pengumpulan materi dan pencatatan setiap informasi yang disampaikan dalam kegiatan evaluasi.

4. Mengelola dan menganalisa data

Selanjutnya jika data yang diperlukan selama proses penilaian sudah dikumpulkan, selanjutnya dengan melakukan analisis data yang sudah diperoleh.

Data yang sudah terkumpul itu harus diolah dan dikategorikan supaya bisa lebih mudah dalam proses analisis hingga menghasilkan hasil akhir yang sesuai fakta pada data. Kemudian, hasil dari analisis tersebut bisa dibandingkan dengan rencana awal kegiatan atau sesuai harapan.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Pelanggan Beralih Ke Brand Lain

5. Pelaporan hasil

Tahapan terakhir melakukan evaluasi adalah menampilkan laporan hasil kegiatan penilaian supaya bisa dijadikan dasar dalam menciptakan kegiatan lain.

Hal tersebut menjadi penting karena hasil akhir laporan bisa digunakan sebagai dokumen pihak yang mempunyai kepentingan tertentu. oleh karena itu, hasil tersebut mesti didokumentasikan secara tertulis.

Dengan demikian beberapa evaluasi bisnis yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com