Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Berwirausaha? Simak 5 Kuncinya Berikut Ini

Kompas.com - 15/05/2023, 17:00 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menjadi pengusaha pasti akan mengalami pasang surut. Suatu waktu kesuksesan akan menghampiri, dan kesulitan juga akan datang dalam menjalankan usaha.

Hal tersebut sangatlah bisa diantisipasi, asalkan kamu juga terus berusaha untuk mencari jalan agar usahamu dapat berjalan dengan lebih stabil dan efektif. Kamu juga dapat bergabung dengan komunitas atau mencari mentor untuk mendapatkan bimbingan.

Di samping itu, kamu dapat menerapkan beberapa kunci sukses berikut ini seperti yang dilansir melalui entrepreneur.com untuk mendapatkan kesuksesan dalam berwirausaha.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjadi Wirausaha bagi Mahasiswa

1. Percaya diri sendiri

Saat menghadapi kesulitan, terkadang kamu merasa ragu akan kemampuan diri sendiri, padahal kunci utama kesuksesan terletak pada diri sendiri. Orang yang paling mendukungmu dalam meraih kesuksesan pasti lah dirimu sendiri.

Kamu memiliki peran yang sangat besar dalam menjalankan usaha agar berhasil. Bangunlah kepercayaan diri yang tinggi sehingga hal ini juga dapat mendorongmu untuk terus maju sekalipun mendapat kesulitan.

2. Berteman dengan kegagalan

Maksud dari berteman dengan kegagalan adalah kamu melihat hal ini sebagai suatu kesempatan yang bagus dan positif untuk bangkit dan mengembangkan usaha lebih jauh.

Baca juga: Ciptakan 1 Juta Wirausaha, KemenKopUKM Siapkan Inkubasi Usaha untuk 120 Startup

Pikirkan sejenak mengapa kamu mengalami kegagalan? Cari tahu sumbernya dan perbaiki hal tersebut. Momen ini dapat menjadi kesempatanmu untuk belajar agar menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan usaha.

3. Fokus mencari solusi

Memecahkan masalah dengan memikirkan solusi terbaik adalah sebuah kunci kesuksesan berwirausaha yang harus diperhatikan betul.

Kamu akan mudah mencari solusi setelah melakukan analisa terhadap permasalahan yang kamu alami. Sebagai contoh, jika produkmu memiliki ketahanan yang rendah, cobalah pertimbangkan untuk menambah daya tahan agar lebih lama dengan menggunakan bahan baku yang lebih berkualitas. Kamu juga dapat menggunakan cara produksi lain atau menggunakan bahan lain sebagai pendukung daya ketahanan produk.

4. Kerja sama tim yang kuat

Baca juga: 5 Skill yang Harus Dimiliki sebagai Wirausaha, Simak Penjelasannya

Mencapai kesuksesan akan sangat mudah ketika kamu berada dalam sebuah tim yang kuat dan memiliki satu tujuan yang sama.

Penting untuk mengganggap satu sama lain di dalam tim memiliki peran yang sama penting dan memiliki pemahaman bahwa mencapai tujuan dengan bekerja sama dapat menjadi lebih efektif dibandingkan seorang diri.

Hubungan personal dan komunikasi di dalam tim juga berpengaruh terhadap pembentukan tim yang kuat sehingga jalinlah pertemanan yang baik di dalam tim dengan berbincang bersama sesekali di luar jam kerja atau melakukan kegiatan lainnya bersama-sama.

Jadi bentuklah tim yang saling percaya dan dapat mendukung satu sama lain di dalamnya.

5. Adaptif dan fleksibel

Baca juga: Bergabung dengan Komunitas Wirausaha Bantu UMKM Tingkatkan Daya Saing

Menjadi seorang wirausaha diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dengan baik menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Ketika keadaan berjalan tidak sesuai rencana, maka kamu harus adaptof dan fleksibel untuk menentukan langkah apa yang harus diambil selanjutnya untuk mengatasi hal tersebut.

Tentunya diperlukan juga perhitungan dan persiapan yang jelas agar langkah yang kamu ambil tidak merugikan usahamu.

Baca juga: MenKopUKM Teten Masduki Targetkan 1 Juta Wirausaha Lahir Tahun 2024

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com