Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Bondowoso Gelar Stand Pendaftaran Sertifikasi Halal bagi UMKM

Kompas.com - 16/05/2023, 12:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber RRI

KOMPAS.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bondowoso menggelar stand pendaftaran sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM.

Hal ini merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam menyediakan produk halal bagi masyarakat Indonesia.

Tak hanya itu, dengan adanya sertifikasi halal juga akan mempermudah proses transaksi jual beli bagi UMKM itu sendiri.

Baca juga: MenkopUKM Perkuat Sinergi dalam Mempercepat Sertifikasi Halal, NIB, dan SNI bagi UMKM

Kepala Kemenag Bondowoso, Ali Masyhur, menyebutkan total sudah ada sebanyak 149 orang pendaftar dengan jumlah produk mencapai 230 hingga Minggu (14/5/2023) lalu.

Adapun layanan sertifikasi halal ini menjadi salah satu program prioritas Kemenag yang digelar selama setahun, dengan dimulai pada bulan Maret 2023 lalu hingga Oktober 2024 nanti.

“Setiap hari sosialisasi digelar di depan kantor Kemenag hingga pada saat Car Free Day (CFD) setiap Minggu. Tim halal berada di Alun-alun Ki Bagus Asra Bondowoso untuk memberikan sosialisasi dan melakukan pendampingan proses pendaftaran para pelaku usaha,” ujarnya seperti dikutip dari RRI, Selasa (16/5/2023).

Ali berharap, dengan digelarnya stand tersebut dapat mendorong masyarakat, khususnya pelaku UMKM, agar lebih sadar lagi mengenai pentingnya mendaftarkan produknya sesuai dengan program sertifikasi halal pemerintah

“Pasalnya, produk yang beredar di pasaran jika tanpa label halal akan dilarang, kecuali olahan daging, karena ada beberapa kriteria yang tidak dipenuhi oleh pelaku usaha,” ucapnya.

Ali menambahkan, pendaftaran dilakukan secara online dan pelaku UMKM akan didampingi oleh petugas saat mengisi formulir pendaftaran agar lebih mudah.

Kemenag pun turut menggandeng Organisasi perangkat Daerah lainnya, seperti Dinas Kesehatan, Diskoperindag dan Komisi Fatwa dalam melaksanakan program sertifikasi halal ini.

Baca juga: Dua UMKM Kuliner asal Jawa Tengah Tembus Ekspor Pasar Eropa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber RRI
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com