Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Usaha Buku Bekas, Begini Tips Menjalankannya

Kompas.com - 20/05/2023, 17:08 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Mungkin banyak yang menganggap remeh atau memandang sebelah mata usaha buku bekas. Tak jarang, banyak yang meragukan apakah bisnis ini dapat menghasilkan cuan.

Padahal, di luar sana banyak sekali yang membutuhkan buku, hanya saja mereka tidak memiliki cukup uang untuk beli buku baru, sehingga lebih memilih untuk membeli buku bekas, baik novel, buku klasik, maupun buku materi kuliah. Inilah mengapa jualan buku bekas bisa menjadi peluang usaha yang cukup menarik jika digeluti dengan serius.

Meskipun saat ini buku digital makin merebak, namun bisnis penjualan buku bekas selalu punya pasarnya tersendiri. Buku bekas memiliki value tersendiri, terutama bagi penggemar buku-buku lawas. Bahkan, ada pula yang suka mengoleksi buku bekas hanya karena suka dengan bau kertas buku-buku lama.

Anda hanya perlu mencari dan mengumpulkan buku bekas yang masih layak di rumah, lalu menyortirnya dan menjadikannya ladang bisnis yang menjanjikan. Namun, sebelum memulai lebih lanjut, baiknya Anda memperhatikan beberapa tips agar usaha buku bekas bisa menghasilkan seperti dilansir dari Cermati.com berikut ini:

1. Mulai dengan menentukan target pasar

Target pasar menjadi hal pertama yang harus lebih dulu dipertimbangkan ketika akan menjalankan bisnis penjualan buku bekas.

Genre buku seperti apa yang rencananya ingin dijual, apakah buku berbahasa Indonesia atau bahasa asing? Apakah ingin menjual buku materi pelajaran atau justru komik dan novel?

Hal semacam ini tentunya harus ditentukan sejak awal sebelum mulai menjalankan bisnis penjualan buku bekas. Sebab, ini akan memudahkan dalam proses pemilihan buku, pembuatan konten hingga pemasaran bisnis tersebut.

Untuk melakukannya, Anda bisa mulai menyortir dulu buku-buku lama yang sudah ada. Jika menemukan buku dengan genre yang dianggap bisa laku dan punga target pasar cukup besar, selanjutnya bisa mulai merapikan buku-buku tersebut.

2. Perhatikan kualitas buku bekas

Setelah membuat target pasar, pastikan jika buku-buku yang akan dijual memiliki kondisi yang baik dan layak. Jika memang terdapat kerusakan atau kondisi buku tidak 100 persen baik, maka tulis kondisinya sejujur mungkin baik dalam caption foto maupun kolom deskripsi. Agar, calon pembeli tahu tentang kondisi buku bekas yang akan dibeli sehingga tidak merasa tertipu

Selain itu, disarankan pula untuk menuliskan setiap kondisi detail buku dalam tingkat persentase. Contohnya, “Buku “Dari Jendela SMP” (1984) karya Mira W, kondisi 65 persen. Sampul sedikit kusam dan noda di bagian halaman depan.”

Dengan informasi yang detail ini, calon pembeli akan mendapatkan informasi yang memang dibutuhkan untuk tetap membeli buku tersebut atau tidak. Alhasil, mereka pun akan lebih bisa mempercayai bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: 10 Tips Membuka Toko Buku dan Alat Tulis

3. Ikut serta dengan komunitas

Tips selanjutnya dalam menjalankan bisnis penjualan buku bekas adalah mulai ikut serta dengan komunitas, terutama komunitas membaca. Dengan ikut serta dalam komunitas yang sama, akan membuat Anda bisa lebih memahami tentang jenis buku seperti apa yang banyak disukai atau dicari banyak orang.

Bukan cuma bergabung dengan komunitas baca saja, pastikan untuk membangun networking dengan mereka yang berhubungan dengan industri penerbitan. Alasannya karena buku bekas yang dijual oleh penerbit langsung biasanya harganya lebih murah dibandingkan di pasaran.

Bahkan, Anda juga mungkin bisa berkesempatan untuk mendapatkan informasi jika penerbit sedang mengadakan promo diskon atau cuci gudang besar-besaran.

4. Maksimalkan penggunaan media sosial

Di era digital seperti saat ini, media sosial menjadi salah satu tempat yang sangat efektif untuk melancarkan strategi marketing. Anda bisa mulai dengan membuat akun Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya. Buatlah akun di platform tersebut dengan username yang menarik.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com