Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek Indonesia Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Fitur GoFood Juara Lokal

Kompas.com - 25/05/2023, 18:24 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Gojek Indonesia menghadirkan Koleksi Juara Lokal dalam fitur GoFood, sebagai inisiatif Gojek dalam memajukan dan mendorong UMKM Indonesia, agar naik kelas.

Awalnya fitur ini hadir pertama kali di Bali, namun koleksi Juara Lokal kini sudah tersedia di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, dan Balikpapan.

Head of Regions and External Affairs Gojek, Gede Manggala, mengatakan bahwa GoFood mempunyai komitmen yang meyakini bahwa pihaknya dapat terus tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan UMKM.

"Kita bisa ikut tumbuh dan berkembang bersama UMKM. Itu salah satu misi utama kita," ucapnya dalam acara Gathering Media and Content Creator, Kamis (25/5/2023) di Jakarta.

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Kemenkop UKM Gelar Program Pendampingan Mikro Mandiri

Adanya fitur ini juga dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat akan informasi kuliner khas/legendaris khas daerah tertentu.

"Juara Lokal ini menjembatani UMKM, kemudian juga makanan yang secara teknis memiliki selera nusantara, bukan fast food," imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya memiliki sebuah misi bagaimana UMKM, makanan khas lokal daerah masing-masing bisa mempunyai visibility buat para penggemar makanan.

Gede menyebutkan, ada beberapa kriteria bagi UMKM yang ingin terpilih menjadi Koleksi Juara Lokal di GoFood.

Baca juga: Dukung UMKM Naik Kelas, Lazada Hadirkan Berbagai Program Pelatihan

"Tentu saja karena ini tentang juara, ya makanannya harus enak dan ini makanan yang memang mewakili khas daerah tersebut atau khas nusantara. Tentu juga performance dari restorannya di platform kita juga cukup bagus," jelas Gede.

Di samping kriteria tersebut, pihak Gojek nantinya juga akan melakukan kurasi selama 2-3 bulan agar UMKM yang terpilih benar-benar valid terbukti cocok untuk menjadi Juara Lokal GoFood.

Baca juga: Dukung UMKM, Belitung Bangun Foud Court Senilai Rp10,7 Miliar

Gede berharap melalui fitur ini, Gojek dapat secara nyata memberikan dampak bagi UMKM untuk terus berkembang mengikuti digitalisasi, sehingga dapat naik kelas.

Selain itu, Gojek juga menunjukkan komitmennya dalam hal lain berupa tersedianya KOMPAG yang merupakan komunitas bagi para merchant atau restoran.

“Para merchant atau restoran ini punya komunitas yang cukup besar, namanya KOMPAG. Itu adalah komunitas merchant dari GoFood, nah itu mereka saling berbagi tips ya, saling membantu bagaimana cara supaya laris, bagaimana cara menghitung harga agar terjangkau (bagi konsumen) tetapi tetap untung,” pungkas Gede.

Baca juga: Dua UMKM Kuliner asal Jawa Tengah Tembus Ekspor Pasar Eropa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com