Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan Hal Ini untuk Capai Tujuan Bisnis secara Efektif

Kompas.com - 30/05/2023, 12:41 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap orang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya, entah itu tujuan kecil atau besar. Entah apapun tujuan itu, seringkali proses untuk mewujudkannya tidaklah berjalan dengan lancar.

Kerap kali ada tantangan atau hambatan yang muncul dalam proses yang sedang dijalani tersebut. Hal ini juga berlaku dalam berbisnis.

Bukan hal asing ketika kamu mengalami ketidaklancaran bahkan kegagalan saat menjalankan bisnis. Melansir dari entrepreneur.com, berikut ini beberapa tips untuk membantumu mencapai tujuan tersebut secara efektif, bahkan di kala mendapatkan hambatan.

1. Terapkan konsep SMARTER

Agar pencapaian tujuan dapat lebih terarah dan jelas, kamu dapat menggunakan metode SMARTER, yakni specific, measurable, achievable, relevant, time-bound, evaluated and re-adjusted.

Baca juga: Ingin Sukses Berwirausaha? Simak 5 Kuncinya Berikut Ini

Kamu harus menetapkan tujuan secara spesifik dengan menjelaskannya sedetail mungkin. Tujuan tersebut juga harus terukur dan memang dapat dicapai.

Tentukan juga target atau kurun waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, misalnya satu tahun kamu sudah harus berhasil mencapai tujuan tersebut.

Setelah itu, tentukan juga tujuan berkelanjutannya dalam jangkauan yang lebih besar lagi tetapi masih mungkin dicapai, misal dalam waktu satu tahun kamu ingin memperluas pasar dengan menerapkan digital marketing yang mampu menembus pasar internasional.

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi atas langkha-langkah yang kamu terapkan dalam mencapai tujuan dan sesuaikan kembali rencana yang kamu susun untuk strategi ke depannya.

Baca juga: 5 Karakter Entrepreneur Sukses yang Harus Dimiliki Saat Membangun Usaha

2. Buat rencana yang jelas

Sebaiknya kamu menyusun rencana mengenai apa-apa saja yang harus kamu lakukan, lengkap dengan rincian kegiatan secara detail dan tenggat waktunya. Kamu harus fokus terhadap rencana yang disusun.

Lakukan secara konsisten tiap pekerjaanmu setiap harinya. Kerja keras dan gigih sangat dibutuhkan di sini untuk mencapai tujuanmu secara efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com