Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan Hal Ini untuk Capai Tujuan Bisnis secara Efektif

Kompas.com - 30/05/2023, 12:41 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap orang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya, entah itu tujuan kecil atau besar. Entah apapun tujuan itu, seringkali proses untuk mewujudkannya tidaklah berjalan dengan lancar.

Kerap kali ada tantangan atau hambatan yang muncul dalam proses yang sedang dijalani tersebut. Hal ini juga berlaku dalam berbisnis.

Bukan hal asing ketika kamu mengalami ketidaklancaran bahkan kegagalan saat menjalankan bisnis. Melansir dari entrepreneur.com, berikut ini beberapa tips untuk membantumu mencapai tujuan tersebut secara efektif, bahkan di kala mendapatkan hambatan.

1. Terapkan konsep SMARTER

Agar pencapaian tujuan dapat lebih terarah dan jelas, kamu dapat menggunakan metode SMARTER, yakni specific, measurable, achievable, relevant, time-bound, evaluated and re-adjusted.

Baca juga: Ingin Sukses Berwirausaha? Simak 5 Kuncinya Berikut Ini

Kamu harus menetapkan tujuan secara spesifik dengan menjelaskannya sedetail mungkin. Tujuan tersebut juga harus terukur dan memang dapat dicapai.

Tentukan juga target atau kurun waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, misalnya satu tahun kamu sudah harus berhasil mencapai tujuan tersebut.

Setelah itu, tentukan juga tujuan berkelanjutannya dalam jangkauan yang lebih besar lagi tetapi masih mungkin dicapai, misal dalam waktu satu tahun kamu ingin memperluas pasar dengan menerapkan digital marketing yang mampu menembus pasar internasional.

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan evaluasi atas langkha-langkah yang kamu terapkan dalam mencapai tujuan dan sesuaikan kembali rencana yang kamu susun untuk strategi ke depannya.

Baca juga: 5 Karakter Entrepreneur Sukses yang Harus Dimiliki Saat Membangun Usaha

2. Buat rencana yang jelas

Sebaiknya kamu menyusun rencana mengenai apa-apa saja yang harus kamu lakukan, lengkap dengan rincian kegiatan secara detail dan tenggat waktunya. Kamu harus fokus terhadap rencana yang disusun.

Lakukan secara konsisten tiap pekerjaanmu setiap harinya. Kerja keras dan gigih sangat dibutuhkan di sini untuk mencapai tujuanmu secara efektif.

3. Hindari distraksi kala bekerja

Distraksi kerap kali mengganggu produktivitas kerja yang dilakukan. Setiap orang memiliki berbagai macam distraksi yang berbeda.

Baca juga: 5 Skill yang Harus Dimiliki sebagai Wirausaha, Simak Penjelasannya

Sebagai contoh, jika kamu mudah terdistraksi dengan hal-hal yang kamu lihat secara online di media sosial dan hal tersebut dapat mengganggu pikiranmu saat beekrja untuk mencapai tujuan bisnis, maka kamu perlu menghindari distraksi tersebut.

Kurangi waktu bermain media sosial dan cobalah untuk mencari konten-konten lain yang justru dapat mendorongmu untuk lebih bersemangat dalam mencapai tujuan.

4. Jangan suka menunda

Penundaan adalah salah satu kebiasaan buruk terbesar yang dapat mengganggu proses pencapaian tujuanmu. Ketika kamu menunda untuk melakukan rencana yang sudah ditetapkan, maka kamu berpotensi untuk mengacaukan seluruh kegiatan bisnismu.

Ingat bahwa ada tujuan yang ingin kamu capai dan kamu harus melakukannya sesuai dengan target yang ditentukan dalam rencana.

Baca juga: 4 Cara Menerapkan Pengelolaan Waktu yang Efektif bagi Pelaku Bisnis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com