Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Ekosistem Wisata Borobudur, Desa Ini Raup Pendapatan Rp 400 Juta

Kompas.com - 03/06/2023, 07:55 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

MAGELANG, KOMPAS.com - Ekosistem wisata di kawasan Borobudur semakin membesar ketika berbagai desa di kawasan wisata candi ini bertransformasi menjadi desa wisata.

Seperti halnya Desa Karangrejo, yang merupakan salah satu dari 20 desa yang ada di Kecamatan Borobudur. Desa ini telah berhasil bertransformasi menjadi desa wisata dan menjadi tujuan pelancong domestik serta asing ketika berkunjung ke Borobudur.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari upaya desa ini menyediakan akomodasi serta membuka spot-spot wisata baru, seperti halnya Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, serta petualangan susur sungai menggunakan kendaraan offroad.

Baca juga: 5 Kesalahan Strategi Pemasaran Influencer yang Harus Dihindari

Wisata-wisata tersebut melengkapi keberadaan Candi Borobudur yang memang telah menjadi tujuan utama wisatawan.

Selain spot-spot wisata baru, Desa Karangrejo juga menyediakan akomodasi untuk wisatawan, mulai dari penginapan, resto, kafe, serta toko oleh-oleh yang dikelola oleh Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo. 

Balkondes tersebut didirikan dengan diprakarsai oleh PT PGN Tbk pada tahun 2017. Dalam hal ini, PGN memberikan pendampingan hingga akhirnya unit usaha Desa Karangrejo ini bisa berjalan mandiri dan komersial.

Kepala Desa Karangrejo Kecamatan Borobudur, M Hely Rofikun (44) mengungkapkan spot wisata baru serta Balkondes tersebut telah mampu menjadi sumber pendapatan desa yang dipimpinnya, dengan memanfaatkan besarnya ekosistem pariwisata di kawasan Borobudur.

"Pada tahun 2022 lalu, pendapatan asli desa Karangrejo sekitar Rp 400 juta. Dari jumlah itu, sekitar 80 persen disumbang oleh Balkondes. Kami sangat berterima kasih kepada PGN yang telah membantu memberikan pendampingan hingga Balkondes bisa menjadi pilihan wisatawan," ujar dia, Jumat (2/6/2023).

 Keberadaan Balkondes ini juga turut membantu ekonomi masyarakat Desa Karangrejo. Ketika ada tamu serta event yang dilaksanakan di tempat ini, pengelola Balkondes akan memesan makanan dan minuman kepada warga desa.

Belum lagi, jumlah tenaga kerja yang diserap terus bertambah. Saat ini karyawan Balkondes Karangrejo mencapai 19 orang. Mereka adalah anak-anak muda dari desa tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada pengurangan saat Covid kemarin. Justru saat ini jumlahnya bertambah," kata Supervisor Balkondes Karangrejo Yuspika Maharani (31).

Manfaatkan Ekosistem Pariwisata

Sejauh ini, Borobudur masih menjadi salah satu destinasi utama bagi wisatawan asing dan domestik untuk berkunjung dan menikmati kemegahan candi yang dibangun oleh Dinasti Syailendra abad ke-8 ini. 

Fasilitas homestay yag dikelola Balkondes Karangrejo di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Fasilitas homestay yag dikelola Balkondes Karangrejo di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Sekitar 10 tahun lalu, warga desa sekitar Candi Borobudur kurang terlalu mendapatkan benefit dari banyaknya wisatawan yang datang. Ini karena Borobudur hanyalah sebagai tempat transit wisatawan. Setelah selesai kunjungan, wisatawan pergi dan menginap di kota lain seperti halnya di Yogyakarta dan Semarang.

"Pada 2013, kami dari desa-desa di sekitar Borobudur akhirnya bertemu dengan pengelola Borobudur untuk berdiskusi agar kami juga bisa menikmati kue ekonomi dari banyaknya wisatawan yang datang. Dari pertemuan itu, akhirnya kami sepakat untuk diberi pendampingan agar bisa menjadi desa wisata," jelas Hely.

Baca juga: 5 Langkah Memulai Bisnis Homestay di Daerah Wisata

Desa Karangrejo mendapatkan pendampingan oleh PGN dalam hal pengelolaan homestay dan resto. Perusahaan gas ini juga memberikan pelatihan terkait hospitality kepada karyawan Balkondes.

Karenanya, Hely berharap agar kerja sama antara PGN dengan desanya bisa terus berjalan guna membantu mengangkat perekonomian desa melalui pemberdayaan ekonomi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com