Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Izma Bangun Katering Dapur Bu Sastro hingga Jadi Langganan Artis

Kompas.com - 08/10/2023, 10:11 WIB
Reni Susanti,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi Izma Widya Yulansyah, tahun 2017 menjadi tahun yang tidak bisa dilupakan. Di tahun itu, ia membuka Katering Dapur Bu Sastro (DBS).

Bukan perkara mudah, karena saat itu, Izma juga tercatat sebagai pegawai swasta. Namun ia optimistis dengan bisnisnya yang dia jalankan di Pancoranmas, Depok, Jawa Barat.

Ia ingin menjadikan hobi memasaknya yang terinspirasi dari ibu dan neneknya sebagai usaha katering.

"Saya dibantu suami (bisnis katering)," ujar Izma, Jumat (6/10/2023).

Baca juga: Manisnya Peluang Bisnis Katering Sehat, Simak Tipsnya Berikut Ini

Bersama sang suami, Izma mulai memfokuskan diri berbisnis katering, hingga ia pun resign dari pekerjaannya. Ia bertekad memberikan produk dan layanan terbaik.

Mulai dari rasa, kualitas makanan, pelayanan yang cepat dan responsif, tentunya juga customer service yang selalu tanggap dalam menanggapi orderan.

Ada beragam menu yang ditawarkan untuk berbagai acara, seperti nasi kotak, nasi besek, nasi tumpeng, dimsum, dan berbagai paket premium hantaran lainnya.

Nah terkadang, kebutuhan konsumsi untuk hajatan atau acar tidak bisa diprediksi. Hal ini kerap membuat masyarakat kebingungan.

Kondisi ini menjadi keunggulan Katering Dapur Bu Sastro. Sebab makanan kateringnya bisa dipesan dadakan dan 2 jam kemudian siap kirim.

"Layanan ini diberikan karena banyak acara dilaksanakan secara mendadak ataupun kendala budget untuk konsumsi yang baru turun," ungkap Izma.

Tak hanya itu, pengiriman pun tersedia 24 jam dan dapat dikirim lebih pagi untuk kebutuhan konsumsi yang butuh cepat. Setiap harinya, ia mengirim ribuan porsi berbagai jenis paket menarik sesuai kebutuhan yang bisa dilihat di www.dapurbusastro.web.id.

Sertifikasi Halal

Keseriusan Izma dengan bisnisnya ini dibuktikan dari sertifikasi yang dimiliki Katering DBS. Setidaknya ia mengantongi sertifikasi Halal dari MUI, ISO 9001, dan Laik Hygiene.

Dengan hal ini, konsumen akan memiliki rasa kepercayaan dalam mengkonsumsi produk dari katering Dapur Bu Sastro.

Perjuangan Izma ini membuahkan hasil. Kateringnya makin dikenal. Bahkan saat ini telah menjadi langganan para artis, seperti Titi Kamal, Cut Meyriska, Ashanty, Shandy Aulia, Asmirandah, Mona Ratuliu, Citra Kirana, dan lainnya.

Baca juga: 5 Tips Optimalkan Peluang Bisnis Katering Rumahan

Dengan memanfaatkan media sosial Instagram @dapurbusastro, Izma mampu menjangkau para konsumen yang tertarik dan belum pernah sama sekali mencicipi masakan kateringnya.

“Awal mula untuk kuliner itu pasti ada hubungannya dengan rasa, kalau orang yang sudah tau rasanya, biasanya mau lagi (memesan) gitu. Nah tapi kalau yang belum pernah nyobain gitu, gimana? Kami beruntung banget karena sekarang udah ada yang namanya media sosial hingga marketplace,” tutur Izma.

Berbicara soal bisnis, Izma selalu mulai dengan niat baik, perbanyak networking, dan tidak ada yang instan. Pebisnis harus punya mental yang kuat dalam mengelola usaha.

Kini katering Dapur Bu Sastro mempunyai central kitchen seluas 1.300 m2 dan punya 100 karyawan. Central kitchen itulah yang menjadi dapur produksi katering yang dipesan konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com