Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Peluang Bisnis Menarik untuk Pecinta Binatang

Kompas.com - 09/10/2023, 08:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan di rumah seperti anjing, kucing, kelinci dan sebagainya ternyata bisa menjadi penghilang penat. Tingkah polahnya yang menggemaskan dan fisiknya yang lucu membuat banyak yang rela merogoh koceknya untuk merawat mereka.

Selain memberikan kebahagiaan tersendiri, merawat hewan-hewan lucu tersebut juga bisa mendatangkan berkah tersendiri. Salah satunya adalah membuka banyak peluang bisnis menarik yang menjanjikan banyak keuntungan.

Penasaran dengan jenis bisnis apa saja yang cocok dengan para pecinta binatang? Simak rekomendasi selengkapnya berikut ini, dilansir dari Cermati.com:

1. Jasa Penitipan Hewan atau Pet Hotel

Salah satu tantangan bagi pemilik hewan peliharaan adalah bagaimana cara menjaga hewan mereka tetap aman dan terawat ketika ditinggal bepergian. Salah satu solusinya bisa dengan menitipkan hewan kesayangan tersebut ke pet hotel atau tempat penitipan hewan.

Keresahan para pemilik hewan peliharaan ini bisa menjadi peluang bisnis menarik yang sangat menjanjikan. Jika Anda adalah tipe orang yang suka berinteraksi dan merawat hewan, maka membuka pet hotel bisa jadi ide bisnis yang menarik.

Bukan hanya dapat penghasilan, bisnis ini juga akan membuat Anda bisa bermain dan merawat hewan-hewan yang dititipkan disana. Sasaran konsumennya tentu adalah para pemilik binatang peliharaan yang ingin menitipkan hewan peliharaannya sementara.

Jasa penitipan yang ditawarkan umumnya meliputi paket penitipan hewan. Termasuk perawatan, pemberian nutrisi, hingga mengajak hewan bermain supaya mereka tak kesepian.

2. Jual Aksesoris Khusus Hewan

Ada banyak pemilik hewan yang suka mendandani hewan mereka dengan berbagai aksesoris dan membelikan mereka mainan-mainan lucu. Hal ini bisa jadi peluang bisnis tersendiri. Apalagi jika Anda termasuk pet lover’s yang tentunya lebih paham dengan kebutuhan hewan.

Aksesoris hewan yang fungsional dan modis menjadi salah satu tren yang saat ini sedang naik daun. Anda bisa menjual beberapa aksesori seperti harness, tali, pakaian, tempat tidur, dan mainan yang dirancang khusus untuk berbagai jenis hewan peliharaan.

Pastikan produk tersebut aman, tahan lama, dan nyaman bagi hewan serta pemiliknya.

3. Jasa Pelatihan Anjing

Ide bisnis menarik selanjutnya untuk para pecinta hewan peliharaan adalah menjadi seorang dog trainer atau pelatih khusus untuk anjing. Banyak pemilik anjing menginginkan anjingnya patuh dan memiliki kemampuan tertentu.

Sebagai pelatih anjing, Anda akan mengajari beberapa skill tertentu yang memang harus dimiliki hewan tersebut. Termasuk membuat hewan tersebut mematuhi beberapa perintah dasar dan melakukan sejumlah keterampilan yang dibutuhkan. Seperti kemampuan interaksi dengan tuannya, melindungi dan sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini, diperlukan keahlian khusus yang dibuktikan melalui sertifikasi dan lisensi. Jadi, tak semua orang bisa menjadi seorang pelatih anjing dan membuka jasa dog trainer. Hanya orang-orang yang sudah ahli lah yang bisa menekuni pekerjaan ini.

Baca juga: Sayang sama Hewan Peliharaan Jadi Cuan Begini Cara Sukses Mulai Bisnis Pet Shop

4. Jasa Mengajak Binatang Peliharaan Bermain dan Jalan-Jalan

Di kota besar, banyak pet owner yang sibuk dan tak sempat mengajak hewan peliharaannya jalan-jalan. Padahal, hewan peliharaan sangat membutuhkan waktu untuk pergi jalan-jalan atau bermain dengan tuannya. Hal ini agar hewan-hewan tersebut tetap bahagia dan merasa lebih diperhatikan.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai lahan cuan baru yang menjanjikan. Misalnya dengan menyediakan jasa khusus untuk membawa hewan peliharaan pergi bermain atau jalan-jalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com