Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Peran UMKM, TikTok Indonesia Luncurkan TikTok Jalin Nusantara

Kompas.com - 23/01/2024, 19:14 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - TikTok Indonesia secara resmi meluncurkan program TikTok Jalin Nusantara pada Selasa (23/1/2024) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang ditujukan untuk memberdayakan pelaku UMKM di Indonesia. 

Program ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beserta kementerian dan lembaga terkait.

Dalam keterangan kepada media, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa TikTok Jalin Nusantara ini merupakan bagian dari kolaborasi antara pemerintah dan swasta dalam rangka mendukung transformasi digital bagi UMKM.

Baca juga: Produsen Cemilan Asli Labuan Bajo Ini Nikmati Bergeliatnya Industri Pariwisata

"Harapannya dengan program TikTok Jalin Nusantara ini, nantinya akan bisa menciptakan lapangan kerja baru. Pemerintah menargetkan ada 4,4 lapangan kerja yang tercipta dari UMKM," ujarnya.

Karena itu, dia berharap pelaku UMKM dapat mengoptimalkan usaha mereka secara online dan bisa berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi negara.

"Untuk itulah, kami mendukung program TikTok Jalin Nusantara ini yang fokus di berbagai destinasi sentra ekonomi dan pariwisata Indonesia," lanjut Sandiaga.

Dalam menjalankan program TikTok Jalin Nusantara ini, TikTok berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Platform Usaha Sosial (PLUS), dan Telkom.

Sementara itu, Head of Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia Firry Wahid menjelaskan bahwa pelaku usaha kecil, wirausaha, dan bisnis rumahan telah menjadi bagian dari TikTok sejak lama.

"Kami menyaksikan bagaimana mereka memanfaatkan TikTok untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan bisnis mereka, serta membuka lapangan pekerjaan. Program TikTok Jalin Nusantara menjadi bentuk komitmen kami untuk terus mendukung para pelaku UMKM ini, dengan meningkatkan keterampilan digital yang komprehensif dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal," ungkap dia. 

Baca juga: Tips Memilih KOL untuk Promosi Bisnis

Untuk memastikan program ini tepat sasaran, TikTok Indonesia telah melakukan berbagai upaya selama beberapa bulan terakhir, termasuk kunjungan lapangan, diskusi terfokus, survei, dan wawancara dengan pemangku kepentingan lokal.

TikTok Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama dengan komunitas lokal dalam mengembangkan program yang memenuhi kebutuhan mereka secara spesifik.

"Melalui program ini, kami berharap dapat membuka akses bagi UMKM dan wiraswasta untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital, sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan peluang mereka untuk berkembang dan meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi," lanjut Firry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com