Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Manado Siapkan Pasar Tematik Tongkaina untuk Fasilitasi Peningkatan Kualitas UMKM

Kompas.com - 04/02/2024, 21:56 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah terus dikembangkan dengan berbagai cara. Salah satunya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dengan menyiapkan Pasar Tematik Tongkaina.

Wali Kota Manado Andrei Angouw mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Pasar Tematik Tongkaina di Kecamatan Bunaken dengan berbagai fasilitas yang sesuai untuk meningkatkan kualitas UMKM.

“Di Pasar Tematik, sudah tersedia mesin jahit berbagai model dan tipe. Beberapa mesin lain juga tersedia, yakni mesin pasang kancing, mesin obras, mesin sablon, printing, dan sebagainya," jelas Andrei di Manado seperti dikutip dari Antara, Minggu (4/2/2024).

"Mesin-mesin tersebut sudah dapat dioperasikan, dan tentunya akan lebih menghemat biaya produksi,” lanjutnya.

Baca juga: Dorong Pengembangan UMKM, Pemprov Banten Resmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu

Untuk memaksimalkan fasilitas dan peralatan tersebut, tentu harus dilakukan pelatihan bagi para pelaku UMKM untuk mengoperasikan alat-alat, sehingga manfaatnya bisa tepat sasaran.

Sejauh ini, pihaknya selalu meninjau pembangunan sarana dan infrastruktur untuk pengembangan UMKM di Kota Manado, termasuk melakukan analisis terkait operasionalnya.

“Pejabat teknis dan penyelenggara program harus terus memperhatikan berbagai hal penting sehubungan dengan pengembangan UMKM di Kota Manado,” tekan Andrei.

Ia berharap, sistem dalam pengoperasian alat dan mesin, program pelatihan, serta pengembangan UMKM di Kota Manado dapat disiapkan dengan matang, sehingga dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: 4 UMKM Binaan BI Kalbar Tembus Pasar Nasional dan Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com