Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memaksimalkan E-commerce untuk Promosi Produk UMKM

Kompas.com - 13/02/2024, 11:54 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - E-commerce merupakan salah satu media paling efektif untuk memasarkan produk, terutama yang bagi UMKM yang ingin meningkatkan hasil penjualan produk mereka.

Hanya saja, persaingan e-commerce yang semakin ketat mengharuskan pelaku UMKM memutar otak agar lebih kreatif. Sebab, mempunyai toko online saja tidaklah cukup untuk meningkatkan penjualan produk seperti yang diinginkan.

Bagi UMKM, memaksimalkan potensi e-commerce menjadi hal yang harus dilakukan. Berikut ini ada beberapa tips mengoptimalkan e-commerce sebagai media untuk mempromosikan produk UMKM dilansir dari Cermati.com:

1. Tentukan Target Market dengan Tepat

Hal pertama dalam memaksimalkan e-commerce untuk promosi produk adalah dengan menentukan target market yang sesuai. Hal ini untuk memudahkan dalam menyusun strategi marketing yang sesuai dan paling efektif. Salah satunya mengarahkan kampanye pemasaran untuk audiens yang memang punya ketertarikan akan produk tersebut.

Maka dari itu, pelaku UMKM harus melakukan kegiatan riset pasar secara mendalam. Hal ini untuk menentukan siapa saja yang cocok menjadi target market untuk produk Anda. Selain itu juga untuk mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan, dan bagaimana caranya untuk menjangkau mereka.

2. Mengembangkan Kualitas Produk

Tahukah Anda, bahwa kualitas produk mampu membuat pelanggan loyal terhadap suatu brand atau produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, pelaku UMKM perlu meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk menggunakan e-commerce sebagai media promosi.

Tak hanya itu, UMKM pun juga perlu memastikan jika produk atau brand yang ditawarkan punya nilai lebih. Sehingga bisa membuat konsumen tertarik dan loyal dengan produk tersebut.

Nilai tambah ini misalnya seperti harga yang terjangkau atau kualitas yang lebih unggul dibandingkan produk kompetitor.

3. Maksimalkan Fitur yang Ada di E-Commerce

Saat ini platform e-commerce sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang bisa digunakan untuk promosi produk. Hal ini tentunya akan sangat membantu para pelaku UMKM yang ingin memaksimalkan e-commerce untuk kegiatan pemasaran produk.

Fitur-fitur di e-commerce yang bisa dimaksimalkan cukup banyak, misalnya seperti membuat pengaturan toko agar memiliki tampilan yang lebih menarik, sehingga membuat pelanggan atau calon konsumen betah berlama-lama scrolling produk.

Ditambah lagi, ada fitur untuk membagikan promo, diskon atau potongan harga agar semakin menarik minat mereka.

Tak sampai disitu, e-commerce juga punya fitur sponsored ads atau iklan yang bisa Anda maksimalkan fungsinya. Sehingga, bisnis UMKM yang dijalankan bisa menjangkau konsumen tertarget yang jauh lebih banyak lagi.

Baca juga: Go International! Begini Cara Ekspor Produk Jualan di E-Commerce Biar Bisnis Maju

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk

Kepuasan pelanggan merupakan kunci yang sangat penting dalam menjalankan usaha, terutama UMKM. Karena hal ini tak hanya mampu meningkatkan jumlah penjualan produk saja tetapi juga membantu membangun tingkat kesadaran merek (brand awareness).

Maka dari itu, para pelaku UMKM perlu untuk memastikan jika setiap konsumen yang berbelanja di tokonya merasa puas. Baik dengan pelayanan yang diberikan maupun kualitas produk yang ditawarkan oleh toko online tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk UMKM yang ditawarkan melalui e-commerce. Di antaranya dengan selalu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com