Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan saat Jalankan Bisnis "Reseller" Buku

Kompas.com - 21/02/2024, 14:56 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis reseller buku banyak dijalankan terutama mahasiswa, untuk memperoleh uang tambahan. Kamu cukup membeli buku dari penerbit lalu menjualnya kembali sesuai dengan target pasar untuk bisa mendapatkan keuntungan.

Namun, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjadi reseller buku agar bukumu dapat laku terjual. Berikut tiga hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis  tersebut sebagaimana dilansir dari sejumlah referensi:

1. Kualitas Penerbit Buku

Saat menjadi reseller, kamu disarankan untuk memperhatikan kualitas dari penerbit buku. Kualitas tersebut meliputi identitas yang jelas, kredibel, dan bertanggung jawab.

Selain itu, perhatikan juga apakah penerbit buku memiliki katalog harga yang jelas serta tidak menjual buku-buku bajakan.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjadi Reseller

2. Pilih Harga yang Terjangkau

Dengan mematok harga yang tidak terlalu mahal, maka akan lebih mudah mengundang konsumen untuk membeli buku yang dijual. Sedangkan, jika buku dijual dengan harga terlalu mahal, maka konsumen akan berpikir ulang untuk membeli.

Meski mematok harga yang tidak terlalu mahal, kamu tetap harus memperhatikan kualitas buku dan kepuasan konsumen.

3. Upayakan Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen adalah modal utama untuk membuat mereka tertarik pada produk yang kamu jual. Apabila konsumen merasa puas, mereka akan membeli kembali produk buku yang dijual.

Upayakan kepuasan konsumen dengan selalu memberikan pelayanan yang baik, bersikap ramah, dan merespon konsumen dengan cepat.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini agar Jadi Reseller Sukses

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com